Cara Memainkan Sims 4 di Macbook dengan Boot Camp


halo. teman-teman yang tau blog ini dari kaskus pasti tau kalau saya agak sering nongkrong di trit sims 4 kaskus. alasan saya nongkrong sih, kalau ada teman-teman yang bertanya disana dan kebetulan saya tau, bakalan saya jawab sekaligus promosiin blog ini hehehe. maklum blog baru, jadi harus dipromosiin biar bisa naik di halaman pertama google. hehehe. nah, kadang-kadang pertanyaan yang sering beredar di trit itu yang saya jadikan ide untuk tutorial mana yang akan saya pos lebih dahulu. salah satu yang saya lumayan sering liat adalah pertanyaan tentang bisa atau enggaknya sims 4 yang gak asli dimainkan di mac. nah berhubung saya sendiri main sims 4 pake macbook, maka saya putuskan untuk membagi info yang saya tau di blog ini.

sebenarnya sudah ada beberapa member yang suka membagikan link cara menginstal dan tempat donlot link sims 4 untuk macbook, tapi saya sendiri belum pernah mencobanya gara-gara dulu pernah baca kalau main sims 4 di mac, kadang ada mod yang gak berfungsi. saya sebagai orang yang doyan banget main sims pake mod dan cc gak terima dong dan akhirnya memutuskan melakukan bootcamp di mac saya. << info mod ini bisa banget salah (edit: emang salah! kamu bisa main dengan nyaman di mac pake mod dan cc jika kamu punya sims 4 original, palingan susahnya kalau kamu seorang pembuat mod atau cc atau pengen mengedit mod dan cc yang ada, program yang mendukung baru ada buat windows doang) tapi bukan ini inti pos saya kali ini, jadi abaikan ini dan mari kita lanjut ke cara yang saya gunakan.
Alternatif:
jika kamu gak punya windows asli ataupun kode crack windows bajakan, kamu bisa mencoba memakai wineskin (sebenarnya ada cara lain juga tapi yang wineskin ini saya nemu tutorial lengkap sampai buat main sims 4 nya). saya sendiri gak menggunakan cara ini karena pernah baca dimana gitu cara ini emang lebih memudahkan karena kita gak perlu reboot untuk pindah antara os mac atau windows tapi gak semulus bootcamp yang emang keluaran asli apple yah, apalagi kalau alasan kamu partisi windows di mac buat main game, lebih baik pake bootcamp. jadi kalau kamu punya windows asli yang nganggur ya mending di-bootcamp ajaaa mac kamu biar bisa main sims 4 nya dengan nyaman dan grafik yang lebih mulus. kalau gak punya, baru ini jadi pilihan: (semua tutorial di link di bawah ini dalam bahasa inggris)
klik disini jika ingin membaca tutorial menggunakan wineskin, plus langsung ada tempat donlot sims 4 crack yang banyak digunakan loh
klik disini jika ingin menonton video tutorial cara menggunakan wineskin dan sumber wineskin nya bisa dilihat disini.
sebelum saya lanjut ke cara menggunakan bootcamp, mari kita bahas dulu apa itu bootcamp. bootcamp adalah semacam program asisten yang disediakan apple untuk membantu penggunanya dalam menginstal windows di macbook. untuk membaca lebih lengkap mengenai bootcamp kamu bisa kunjungi situs resmi apple disini untuk yang berbahasa indonesia dan disini untuk yang berbahasa inggris. link diatas bisa juga kamu gunakan jika kamu memiliki windows versi yang berbeda dengan yang saya gunakan. tutorial dibawah ini adalah pengalaman saya sendiri ketika menggunakan windows 8.1 64 bit.

sekarang sebelum kamu memulai proses bootcamp, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan:
1. mac yang kamu miliki harus berbasis intel, jika tidak yakin kamu bisa klik lambang Apple > About This Mac > Overview

2. memiliki iso windows 64bit
kamu bisa download iso windows disini, microsoft menyediakan 3 jenis iso windows yang bisa kamu donlot, yaitu windows 7 (kamu perlu memasukkan kode aktivasi sebelum bisa mendownloadnya), windows 8.1, dan windows 10. untuk windows 8.1 dan 10 kamu harus memilih tipe windows yang ingin kamu donlot (tergantung kode aktivasi yang kamu miliki).

sedangkan jika kamu punya cd instal windows maka kamu bisa membuat iso dari cd ini dengan cara:
- masukkan cd instalasi windows kamu ke external/internal dvd drive kamu
- setelah cd nya terbaca, buka Finder > Application > Utilities > Disk Utility

- klik File > New Image > Blank Image

- akan muncul tampilan seperti di bawah ini, isilah save as dengan nama versi windows kamu; where dengan dimana kamu akan menyimpan file iso tersebut; encryption none; image format dvd/cd master > klik save

- tunggu sampai prosesnya selesai, kemudian klik eject di disk utility kamu
- cari file image yang baru kamu buat, ubah format file dari cdr menjadi iso dengan cara klik file kemudian klik enter di keyboard kamu, tekan enter setelah mengubahnya menjadi iso, maka akan muncul tampilan dibawah ini, pilih use.iso
 Are you sure you want to change the extension alert
sumber gambar
dan kamupun sudah memiliki iso windows

3. memiliki papan ketik, mouse, atau trackpad Apple, atau papan ketik dan mouse USB
4. memiliki ruang kosong memori minimal 30GB; jika kamu ragu dengan sisa storage macbook yang kamu miliki, kamu bisa mengeceknya dengan lambang Apple > About This Mac > Storage

5. mac yang kamu miliki support dengan windows yang ingin diinstal, periksakan disini jika mac kamu kompatibel dengan windows yang ingin kamu gunakan.
6. update semua applikasi yang harus diupdate, klik lambang Apple > App Store
ATAU
klik 2x di lambang A biru dikotak merah

jika semua persiapan kamu sudah siap, maka kamu tinggal jalankan bootcamp dengan klik Finder > Application > Utilities > Boot Camp Assistant (jangan lupa pasang charger mac kamu ya)

maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

setelah kamu klik continue, akan ada pilihan mempartisi ukuran storage kamu untuk mac dan windows, kamu bisa divide equally (bagi sama rata) atau kamu mengatur sendiri ukuran yang kamu inginkan dengan klik seret antara os x dan windows. jika kamu menggunakan windows hanya untuk main sims 4 saja saya rasa 30GB sudah cukup dengan 10GB untuk windows nya, 20GB untuk sims 4 (filenya sekarang sudah sekitar 15GB untuk base game dan tambahannya lengkap sampai Get Together). jika kamu punya storage yang besar tidak ada salahnya memberikan space lebih di windows kamu.
catatan: semua foto proses bootcamp dibawah ini saya ambil dari web lain karena yang punya saya sudah dalam keadaan terpartisi.
sumber gambar

jika sudah selesai, klik instal, maka boot camp akan mulai membagi atau membuat partisi windows, seperti dibawah ini.
sumber gambar

jika sudah selesai, maka macbook kamu akan restart sendiri, kemudian berproses sendiri (proses ini agak lama, kalau gak salah bisa sampai 20 menit) sampai akhirnya windows terpasang di macbook kamu. ketika akan menginstal windows di macbook, akan muncul pilihan untuk memilih letak windows seperti gambar di bawah ini
sumber gambar


pilihlah drive yang ada tulisan BOOTCAMP-nya dan klik format untuk mengubah format drive menjadi NTFS sehingga windows kamu akan diinstal di drive tersebut.

jika kamu menginstal windows 7 atau 8, maka kamu akan menemukan gambar di bawah ini dimana untuk memunculkan pilihan format kamu harus mengklik drive options (advanced)

sumber gambar
- jika ketika sedang menginstal dikatakan bahwa tidak bisanya dibuat partisi baru, cabut semua koneksi thunderbolt kamu yang sedang menempel di mac, kamu bisa pasang kembali ketika windows sudah terinstal.
- jika ada tulisan No Boot Disk Attached ketika kamu baru memulai mac kamu, maka itu menandakan windows kamu tidak terpartisi sempurna. hapus partisi tersebut dan ulangi kembali proses membuat dan memformat partisi.

saya kurang begitu ingat pengalaman instal windows saya, tapi yang jelas ketika mac saya menggunakan windows pertama kali akan diminta beberapa hal seperti akun microsoft (kamu bisa langsung buat jika belum punya asalkan kamu dalam keadaan menggunakan internet) dan kode aktivasi windows. jika sudah selesai, maka kamu pun sudah bisa menggunakan windows layaknya di laptop biasa.

cara mengubah windows kamu kembali ke os x
klik kanan lambang boot camp > restart in os x > OK
cara mengubah os x kamu ke windows :
klik lambang Apple > System Preference > Startup Disk
ATAU

klik 2x lambang spare part mesin yang dikotak merah
kemudian:
klik gambar gembok, masukkan password mac kamu, pilih boot camp, dan klik restart

nah kalau udah punya windows, tentunya kamu bisa menginstal sims 4 kamu seperti biasanya kamu menginstal game di windows dan tentunya bisa menggunakan sims yang gak asli hehe. tinggal buka forum kaskus atau indowebster buat nyari link donlot nya ya hehe.

tambahan:
siapa tahu ada yang butuh caranya update ke windows 10 dari windows 8.1 64 bit, dengan catatan windows yang digunakan asli ya, soalnya upgrade nya gratis langsung dari windowsnya hehe
- pastikan kamu memiliki storage kosong minimal 10GB di windows
- cek disini untuk memastikan mac kamu kompatibel dengan windows 10
- mulai mac kamu dari os x, cek semua update di mac kamu termasuk update os x, klik lambang Apple > App Store
- restart mac kamu dan gunakan versi windows
- buka Apple Software Update untuk Windows dan instal semua update yang tersedia termasuk FaceTime Camera.
pada bagian search klik apple software update > update semua yang diharuskan > restart komputer jika diperlukan
- gunakan Windows Installer untuk memperbaharui Windows
- setelah instalasi selesai, buka kembali Apple Software Update untuk Windows dan instal semua update yang tersedia untuk memastikan semua software bootcamp update. ketika instalasi ini berlangsung, mac kamu bisa beberapakali melakukan restart sendiri.
- setelah instalasi ini selesai, log-in ke windows dan kamu sudah bisa menggunakan windows 10 di mac.

enaknya instal di 64 bit ini adalah semua file dan program tidak ada yang terhapus, jadi saya gak perlu instal ulang sims 4 saya hehe, hanya saja untuk jaga-jaga saya tetap backup folder the sims 4 saya yang di Documents > Electronic Arts > The Sims 4.

nah sekian dulu pos tutorial saya kali ini, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang ingin main sims 4 di macbook tapi belum berniat beli game yang aslinya. buat teman-teman pengguna macbook yang ingin main sims 4 ori dengan harga sangat sangat terjangkau dan bisa dimainkan di mac, bisa diintip di pos saya tentang share id disini.
kindly reminder:
saya cuma mbak-mbak biasa yang gak ngerti-ngerti amat sama masalah oprek-oprek komputer, disini saya hanya berbagi pengalaman cara saya yang melakukan boot camp sendiri di laptop sendiri yang syukurnya berlangsung dengan mulus tanpa ada masalah dan berharap ada orang yang terbantu dengan pos ini. jika ternyata ada yang salah dengan langkah yang saya lakukan, mohon dikoreksi ya, terimakasih ^^

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.