Retail Store Guide (BAHASA)


halo. kali ini saya akan membagikan tutorial terkait membuka toko (retail store) yang sudah lamaaa sekali saya janjikan disini tapi baru kesampaian sekarang, maaf ya lama hehe, ngumpulin niat ngerjainnya itu yang lama.

jadi dengan update sims 4 di Expansion Pack Get to Work, sims kamu bisa bekerja dengan aktif. maksud aktif disini adalah kamu bisa ngikut ketika sims kamu sedang kerja, dimana di generasi sims yang sebelumnya kamu cuma bisa nunggu sims kamu siap kerja. eits masih banyak kok pilihan karir yang kamu cuma bisa nunggu doang. tapi dengan update EP ini, ada 3 jenis karir dimana kamu bisa ngekor yaitu detektif, polisi, dan scientist (peneliti). nah, selain  3 karir tersebut, ada 1 karir lagi dimana kamu bisa jadi wiraswasta alias buka usaha sendiri.

CARA MEMILIH KARIR SEBAGAI WIRASWASTA

kamu bisa memilih karir ini sebagai karir utama atau part time. part time ini maksudnya kamu tetap punya karir lain sebagai karir utama sedangkan buka toko ini hanya usaha sampingan aja. misalnya, kalau kamu kerja sebagai scientist, kamu bisa jual ciptaan kamu di toko kamu. dikarenakan tidak ada jadwal tetap dalam membuka toko, maka kamu bisa membuka toko kapanpun kamu bisa, sepanjang hari tanpa berhenti, bisa, hanya buka di hari tertentu pun juga bisa, jadi semua benar-benar tergantung kamu dalam membuka toko.

untuk bisa mendapatkan toko, kamu harus membelinya dengan cara klik handphone kamu, klik gambar rumah > pilih buy a retail store. setelah itu kamu bisa memilih dimana toko retail kamu ini akan diletakkan, boleh di world tempat kamu tinggal ataupun world lainnya. kamu juga bisa memilih toko yang sudah jadi atau membeli tanah kosong, sesuai dengan uang yang kamu miliki. pada tanah kosong, kamu bisa memilih membangun toko sendiri atau mengambil bangunan dari galeri.

CONTOH:
pada gambar yang saya sertakan dibawah ini, saya mengambil world Magnolia Promenade dimana sudah ada 3 toko tersedia yang bisa dipilih plus satu tanah kosong dimana kamu bisa bebas membangun bangunan toko sesuai keinginan kamu. bangunan toko ini tidak harus di Magnolia Promenade loh, di world manapun bisa kamu bangun toko retail ini.



jika kamu memilih bangunan yang sudah jadi, akan muncul kotak dialog ini:
bisa pilih furnished (lengkap dengan furnitur), unfurnished (tanpa furnitur, tentu saja harga bangunannya menjadi lebih murah), atau bulldoze lot untuk meratakan bangunan di tanah lot tersebut. ingat jika sudah diratakan, kamu tidak bisa mengembalikan bangunan seperti semula kecuali kamu sudah menyimpan bangunan tersebut sebelumnya di galeri.

toko retail store kamu
ATAU

jika kamu memilih untuk membeli tanah kosong, akan muncul kotak dialog ini:

pada bagian ini kamu bisa memilih untuk membangun retail store sendiri ala kamu dengan syarat harus ada mesin kasir dan konter untuk meletakkan barang yang dijual ATAU memilih bangunan lot yang sudah kamu donlot atau kamu simpan di galeri dan siap untuk digunakan.

toko retail store kamu yang diambil dari galeri, buka disini jika ingin melihat link donlot bangunan ini

RETAIL STORE IN OPERATION

setelah kamu memilih bangunan toko kamu, akan muncul kotak dialog untuk menentukan dana untuk toko kamu. dana ini akan terpisah dengan keuangan keluarga kamu sehingga jika sudah tersimpan sebagai dana toko, kamu tidak akan bisa menggunakannya untuk membayar keperluan lain selain keperluan toko. tidak usah khawatir, jika kamu kekurangan uang di keuangan keluarga kamu, kamu bisa mentransfer sebagian uang toko ke keuangan keluarga kamu kembali, begitu juga sebaliknya, kamu bisa mentransfer lebih banyak uang dari keuangan keluarga kamu ke keuangan toko.

setelah kamu berada di toko retail kamu, akan ada menu tambahan di jendela kanan bawah kamu, yaitu jendela toko untuk membantu kamu mempermudah mengelola toko. berikut adalah bentuk jendela tersebut lengkap dengan keterangan masih-masing menu.

selain menggunakan jendela ini, kamu juga bisa mengatur toko retail kamu melalui mesin kasir yang merupakan benda yang wajib ada di setiap toko retail.

Berikut adalah daftar kegunaan setiap menu di mesin kasir:
- Set Store Prices dan Purchase Advertising
dari gambar diatas terlihat menu untuk mengatur berapa persen keuntungan yang akan kamu ambil untuk setiap benda yang terjual. menu ini juga ada di jendela retail dengan judul price markup. misalnya, jika harga suatu barang $100, dan kamu memilih keuntungan 25% (normal - 25% markup) maka harga barang tersebut akan menjadi $125.
sementara itu, ada juga menu membeli iklan agar toko kamu semakin rame didatangi pengunjung dan calon pembeli. harga iklan ini tergantung dimana iklan ini diterbitkan dan berapa lama, semakin mahal harganya, semakin banyak pengunjung yang akan datang ke toko kamu
- Employee Uniforms dan Manage Employee
kedua menu ini akan dijelaskan lebih lanjut di bagian pegawai di bawah
- Open Store
menu ini untuk memulai toko kamu aktif berjualan dan membuat calon pembeli berdatangan. menu ini juga terdapat di jendela retail.
- Sell Store
klik menu ini jika kamu ingin menjual toko retail yang kamu miliki. harga yang kamu dapatkan bisa lebih murah atau lebih mahal daripada harga awal kamu membeli toko tersebut, tergantung isi dalam toko tersebut.
- Toggle for Sale Tag

jika kamu sudah mengatur barang apa yang akan kamu jual, kamu klik barang tersebut dan klik "set for sale". setelah itu barang tersebut akan terdaftar sebagai barang yang dijual dan bisa dibeli sewaktu-waktu oleh pembeli. untuk memudahkan barang mana saja yang kamu pilih untuk kamu jual, kamu bisa mengklik menu "toggle for sale tag" ini di mesin kasir, maka tag harga akan muncul untuk setiap barang yang sudah kamu set untuk dijual. agar suatu barang tidak dijual, kamu tinggal klik barang tersebut dan pilih "set not for sale".
- Transfer Retail Funds
menu ini untuk mentransfer simoleons dari keuangan keluarga kamu ke keuangan toko atau sebaliknya. menu ini juga ada pada jendela retail dengan mengklik lambang di sebelah tulisan retail funds.

Financial Reports
jika kamu melihat salah satu menu di jendela retail, ada yang bertuliskan financial reports tepat di sebelah price markup, kamu bisa mengklik lambang tersebut untuk melihat daftar keuangan kamu. reports ini juga muncul setiap kali kamu memutuskan untuk menutup toko kamu.

Lock The Door
ada pula menu spesial untuk mengunci pintu di area toko, dimana jika kamu mengklik pintu di toko kamu, kamu bisa menentukan pintu mana yang hanya boleh dimasuki oleh karyawan dan pemilik toko.

BARANG YANG BISA DIJUAL DI RETAIL STORE
hampir semua barang di sims 4 bisa kamu atur "set as sale". yang hanya perlu diperhatikan adalah barang yang ingin kamu jual harus tersimpan di inventori keluarga. jika kamu menyimpannya di rumah, maka kamu tidak akan bisa mengakses barang tersebut ketika kamu sedang berada di toko retail. berikut adalah daftar barang yang bisa kamu jual di toko retail:
- barang yang bisa dibeli di Buy Mode
harap diperhatikan, barang-barang dekor yang tidak bisa diklik atau dipindahkan biasanya tidak bisa kamu jual. begitu pula dengan kebanyakan barang-barang di Build Mode seperti wallpaper atau lantai.
- koleksi yang kamu tangkap, seperti ikan, kodok, serangga
- buah-buahan, sayuran, dan tanaman herba
- lukisan yang kamu lukis sendiri
- foto
- buku yang kamu tulis sendiri
- makanan yang diolah sendiri
- hasil seni ukir dari kayu yang kamu buat sendiri
- pakaian

berikut adalah contoh barang yang bisa kamu jual dimana pada gambar dibawah ini kamu bisa membuka toko kue dan menjual kue dengan cara menggunakan mesin cupcake, seperti di gambar atau bisa juga dengan menggunakan kompor. kue atau makanan lain ini bisa kamu jual kepada pembeli yang datang.

contoh lain adalah membuka toko pakaian untuk menjual pakaian. hal yang spesial dalam toko pakaian adalah kamu bisa menggunakan manekin untuk memajang baju yang akan dijual.

yang menarik dari manekin ini adalah kamu bisa mengatur pose manekin sesuai dengan baju yang ingin kamu jual.

selain itu, kamu juga bisa mengganti pakaian yang digunakan manekin dengan 2 cara yaitu mengatur pakaiannya di Create A Style atau membuat game memilih secara random pakaian dengan tema tertentu.

yang lebih menarik lagi, pembeli kamu bisa mencoba pakaian yang ada di manekin ke dirinya sendiri selama beberapa detik.

selanjutnya, jika barang yang kamu jual telah laku, maka kamu harus melakukan restock barang atau menggantinya dengan barang baru. jika kamu ingin mengganti barang dengan barang baru, maka kamu bisa memilih create outfit pada manekin atau remove sign pada benda-benda lainnya. sedangkan jika kamu hanya ingin menambah kembali barang yang sudah laku tersebut, kamu bisa langsung mengklik restock item. untuk restock item sendiri, diperlukan waktu 30 menit sims dan biaya yang dalam hal ini modal sebesar 80% dari harga jual. semua barang yang bisa kamu jual bisa direstock kembali termasuk barang yang sangat langka sekalipun. akan tetapi, lebih baik membuat baru suatu barang jika kamu ingin untung yang lebih besar. biaya restock ini sangat tergantung pada barang awal yang dijual. misalnya, makanan yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi akan memerlukan biaya restock yang lebih besar dibandingkan dengan makanan yang berbahan dasar kualitas rendah.

setiap kali kamu melakukan restock, kamu akan mendapatkan tambahan poin retail perks sebesar 10 poin.

TENTANG PEGAWAI DAN PEMBELI

Manage Employees
menu ini akan terbuka jika kamu mengklik mesin kasir atau jendela retail.

pada awal permainan, jumlah pegawai yang bisa kamu pekerjakan hanya 1. untuk bisa menambahkan pegawai kamu harus meningkatkan poin retail perks kamu dan membeli slot baru untuk pegawai baru. dalam mempekerjakan pegawai, kamu bisa menentukan pegawai mana yang ingin kamu pekerjakan berdasarkan keterangan skill yang dimiliki oleh karyawan tersebut, yang terdiri dari:
- maintenance - di gambar menggunakan lambang tangan yang berotot
pegawai dengan maintenance yang tinggi akan membuat pegawai tersebut merestock item dalam waktu yang lebih singkat dan membersihkan toko lebih cepat pula. skill pegawai ini akan bertambah seiring dengan semakin seringnya kamu memberikan tugas ini kepada pegawai kamu.
- sales - di gambar menggunakan lambang tag harga
pegawai dengan sales yang tinggi akan membuat calon pembeli lebih cepat membeli barang. tugas yang berhubungan dengan sales ini adalah menjawab pertanyaan calon pembeli dan "ring up" menghitung total belanja pembeli.
- work ethics - di gambar menggunakan lambang tang (atau sejenis alat pertukangan gitu deh)
semakin tinggi etika kerja pegawai semakin jarang mereka bersantai alias tidak bekerja sesuai perintah. etika ini bisa dipengaruhi dengan memberikan pujian ketika sims pegawai kamu melakukan pekerjaannya dengan baik. bisa juga dengan mengkritiknya ketika ia bermalas-malasan dan tidak mengerjakan pekerjaannya.

pegawai kamu tidak akan muncul jika kamu mempekerjakan mereka ketika toko dalam keadaan buka. pegawai tersebut akan muncul ketika kamu membuka toko kembali di hari berikutnya. pegawai hanya akan bekerja selama 9 jam. jika kamu berencana untuk membuka toko lebih lama, maka berikan pegawai kamu waktu untuk pulang lebih cepat. jika pegawai kamu bekerja lebih dari 9 jam, mereka akan merasa tidak senang yang berakibat dapat menurunkan etika kerjanya. di gambar dibawah ini bisa kamu lihat ada 2 interaksi yang bisa kamu lakukan terhadap pegawai kamu, yaitu:
- assign work task << memberikan pekerjaan yang spesifik terhadap pegawai kamu, baik itu untuk membersihkan toko, merestock barang yang sudah terjual, ring up pembeli, ataupun menjawab pertanyaan pembeli
- manage (nama pegawai) << klik menu ini jika kamu ingin melakukan interaksi seperti memuji, mengkritik, mengecek pegawai, atau bahkan mengizinkan pegawai untuk pulang lebih cepat.


hal yang harus diperhatikan ketika kamu mempekerjakan pegawai adalah kepuasan pegawai. setiap kali skill mereka meningkat, kepuasannya akan berkurang karena mereka menganggap kemampuan yang mereka miliki tidak sebanding dengan bayaran yang mereka dapatkan. untuk itu, Carl membuat perkiraan kapan pegawai kamu pantas mendapatkan kenaikan jabatan:

Jabatan Gaji Level Skill
Junior Sales Associate $19/jam 6 total Skill Levels
Assistant Sales Associate $24/jam 8 total Skill Levels
Sales Associate $31/jam 10 total Skill Levels
Senior Sales Associate $40/jam 12 total Skill levels
Executive Sales Associate $51/jam 12+ total Skill levels

Employee Uniforms
selain manekin, kamu juga bisa mengatur seragam untuk pegawai kamu. cara mengatur seragam inipun terbagi 2, yaitu dengan memilih pakaian yang sudah disediakan game (gambar bagian atas) atau membuat baru di Create A Style (gambar bagian bawah).

Interaksi Antara Pemilik Toko dengan Calon Pembeli
sebagai pemilik toko, kamu bisa melakukan interaksi dengan calon pembeli agar mereka lebih cepat membeli barang di toko kamu. interaksi pertama yang muncul adalah menyapa calon pembeli kamu, setelah itu pilihlah menu retail dan akan ada pilihan interaksi yang bisa kamu lakukan untuk pembeli kamu. setiap kali kamu berinteraksi dengan calon pembeli kamu ini, kamu akan mendapatkan tambahan poin 5 untuk retail perks.

interaksi yang muncul ini pun bertingkat sesuai dengan keadaan calon pembeli. biasanya jika kamu tidak terlalu memasang harga mahal di toko kamu, maka kamu tidak memerlukan banyak interaksi, akan tetapi sebaliknya jika kamu memasang harga yang mahal (mark up sampai 100%) maka kamu akan memerlukan interaksi yang intens dengan calon pembeli kamu. berikut adalah daftar interaksi yang muncul diurutkan berdasarkan dari level paling rendah:
- Just Window Shopping: Answer Questions, Ask About Price Range, Discuss Shopping Preferences
- Receptive to Sales Pitch: Enthuse About Store, Offer Information, Suggest Options
- Interested in Purchasing: Endorse Products, Enthuse About Prices

Tanda-Tanda yang Harus Diperhatikan pada Pembeli
ring up

ada 2 tanda yang akan muncul ketika kamu membuka toko retail ini. yang pertama kolom tabung biru yang menandakan berapa lama lagi calon pembeli kamu akan membeli barang di toko kamu (jika sudah terisi 75% maka pembeli akan mulai meminta ring up). yang kedua adalah gambar troli belanja berwarna biru yang menandakan calon pembeli kamu siap membeli barang kamu. setiap kali kamu melakukan interaksi ring up ini, kamu akan mendapatkan tambahan 15 poin retail perks. hal ini tidak berlaku jika yang melakukan ring up adalah pegawai kamu.

tanda troli berwarna biru ini bisa berubah menjadi merah jika sudah terlalu lama menunggu dan tidak ada sims baik sims kamu maupun sims pegawai yang siap "ring up" calon pembeli ini. waktu menunggunya berkisar antara 45-60 menit waktu sims. karena waktu ring up yang lumayan singkat, akan ada calon pembeli yang batal membeli barang kamu dikarenakan terlalu lama menunggu. jika kamu mengalami hal ini berulang kali, kamu bisa mengganti strategi toko kamu dengan menaikkan harga barang.

Menarik Pembeli
jika toko kamu sepi pengunjung dan pembeli, maka ada beberapa langkah dibawah yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian calon pembeli:
- membeli iklan yang bisa diakses melalui mesin kasir
- meletakkan item yang bertanda retail atau lampu neon di bagian depan toko
- menghias toko kamu sebaik mungkin, misalnya dengan lukisan
- memiliki barang yang beragam untuk dijual

RETAIL PERKS

seperti yang telah saya nyatakan diatas tentang bagaimana mendapatkan poin retail perks, saya akan mengulangi kembali poin-poin tersebut:
- kamu akan mendapatkan 5 poin ketika berinteraksi dengan pembeli
- kamu akan mendapatkan 10 poin ketika merestock barang yang sudah laku
- kamu akan mendapatkan 15 poin ketika berhasil menjual barang alias "ring up"

nah setelah kamu mengumpulkan poin-poin ini (jumlah poin bisa kamu lihat di jendela retail yang bertuliskan perk points) maka kamu bisa membeli reward tambahan yang dapat mendukung karir kamu sebagai penjual.

Berikut adalah daftar rewards yang bisa kamu beli untuk menunjang performa kamu : (jika ingin mendapatkan rewards ini menggunakan cheat, lihat disini)

gambar setiap retail perks, diurutkan dari kiri ke kanan berdasarkan poin terkecil
Retail Perk
Poin
Kegunaan
Placard: My First Simolean
50
Dekorasi yang dapat sedikit menarik pembeli, tidak begitu berpengaruh karena harganya yang murah.
Provocative Pedestal
100
Alas yang menarik untuk meletakkan barang yang ingin kamu jual.
Stunning Sign
150
Meningkatkan daya tarik toko. Performanya bisa ditingkatkan jika kamu memiliki skill handiness, misalnya dengan menambahkan protector sehingga menjadi tahan banting atau memberikan animasi sehingga tanda menjadi lebih menarik. Jika kamu meletakan tanda ini di dalam toko, akan meningkatkan kepercayaan diri kamu dan membantu kamu untuk mempercepat proses penjualan dengan pembeli.
Snazzy Shirt
200
Membuka pakaian baru untuk seragam pegawai
Register of Tomorrow
250
Mesin kasir yang berdesain modern untuk toko kamu. Bisa menambah daya tarik toko kamu.
Superfluous Surplus
300
Jika kamu membeli reward yang satu ini, maka selama 12 jam waktu sims, biaya restocking semua barang kamu akan lebih murah 25% daripada biasanya. Reward ini bisa kamu beli secara terus menerus. Akan tetapi jika kamu sudah membeli reward Cheaper Restocking, kamu tidak usah membeli reward ini lagi. Jika kamu mengkombinasikan reward ini dengan iklan di toko kamu, kamu bisa meraup untung lebih banyak daripada hari biasanya.
Additional Employee #1
350
Membuka slot untuk mempekerjakan pegawai kedua.
Faster Restocking (small)
400
Meningkatkan kemampuan restocking kamu dan anggota keluargamu 33% lebih cepat, sehingga kamu hanya akan memerlukan waktu 20 menit waktu sims untuk restock.
Faster Checkouts (small)
450
Meningkatkan kemampuan check out (ring up) kamu dan anggota keluargamu 33% lebih cepat, sehingga kamu hanya akan memerlukan waktu 20 menit waktu sims untuk ring up pembeli.
Placard: Fobbs 500
500
Dekorasi yang dapat menambah daya tarik toko, tidak disarankan untuk dibeli diawal permainan.
Curious Shopper
1000
Menambah waktu interaksi kamu dengan calon pembeli. Mereka akan lebih sabar dalam menunggu.
Mega Manager
1100
Dapat membuat pegawai kamu puas dengan pekerjaannya hanya dengan memuji mereka saja tanpa menaikkan gajinya.
Additional Employee #2
1,200
Membuka slot untuk mempekerjakan pegawai ketiga dan terakhir.
Serious Shopper
1300
Mengisi 1/3 kolom tabung biru pada semua calon pembeli kamu sehingga mereka akan lebih cepat membeli barang yang kamu jual.
Faster Checkouts (large)
1400
Meningkatkan kemampuan check out (ring up) kamu dan anggota keluargamu 50% lebih cepat, sehingga kamu hanya akan memerlukan waktu 15 menit waktu sims untuk ring up pembeli.
Faster Restocking (large)
1400
Meningkatkan kemampuan restocking kamu dan anggota keluargamu 50% lebih cepat, sehingga kamu hanya akan memerlukan waktu 15 menit waktu sims untuk restock.
Sure Sale
2000
Membuat sims kamu memiliki interaksi “sure sale” dengan calon pembelinya sehingga setiap calon pembeli pasti akan membeli barang di toko. Kamu bisa menggunakan reward ini 4 jam sekali. Akan sangat berguna jika barang yang kamu jual di toko kamu memiiki harga yang mahal.
Slick Salesman
2100
Mempermudah interaksi kamu dengan calon pembeli, sehingga calon pembeli kamu akan lebih cepat tertarik membeli barang di toko kamu.
Instant Restocking
2200
Membuat proses restocking instant (langsung), sehingga tidak akan menghabiskan waktu sims kamu lagi.
Cheaper Restocking
2500
Menurunkan biaya restocking sebesar 25%. Jangan gunakan reward ini berbarengan dengan Superfluous Surplus karena hanya akan menghabiskan poin retail perks kamu saja.

REKOMENDASI RETAIL STORE PILIHAN SAYA
jika retail store yang disediakan EA tidak menarik minat kamu, mungkin kamu bisa melihat pos rekomendasi retail store disini (termasuk link sweet bakery seperti contoh diatas). mudah-mudahan ada yang menarik hati kamu hehe.

nah sekian dulu pos saya kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.
kindly reminder:
saya hanyalah seorang pemain pemula sims 4 yang ingin berbagi ilmu yang didapatkan kepada teman-teman pemain sims 4 lainnya, jika ada kesalahan mohon koreksinya ya teman-teman ^^ terimakasih.

Tags:

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.