FAQ - Penjelasan Pengaturan Game Options di Sims 4


halo. berhubung pertanyaan terkait pengaturan lumayan sering ditanyakan, pos kali ini saya khususkan untuk membahas secara lengkap tentang pengaturan di sims 4 serta penjelasannya.
contoh pertanyaan yang biasa saya dapatkan terkait pengaturan ini:
- cara buat sims gak mati atau gak nambah umur gimana?
- kenapa cc rambut di game saya jadi jelek, transparan aneh gitu?
silakan baca pos dibawah ini untuk mengetahui jawabannya :)
untuk membuka menu game options ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:
- menekan tombol esc di keyboard kamu (letaknya di ujung kiri atas)
- mengklik tiga titik (...) yang berada di ujung kanan atas layar permainan kamu

setelah kamu mengklik menu game options, akan ada 7 sub menu yang bisa kamu pilih untuk kamu atur pengaturannya. selain itu, di ujung kanan bawah pengaturan, ada pula 3 tombol yang bisa kamu pilih, yaitu:
Restore Default : mengembalikan pengaturan ke pengaturan default (pengaturan awal)
Revert Changes : mengembalikan pengaturan ke pengaturan terakhir yang disimpan
Apply Changes : mengaplikasikan pengaturan baru >> jangan lupa tekan tombol ini setiap kali kamu membuat perubahan pengaturan per-sub menu

berikut adalah penjelasan dari masing-masing sub menu lengkap dengan pengaturannya:

GRAPHICS

DISPLAY
Display Type : tipe tampilan sims 4, pilihannya ada fullscreen (layar penuh), windowed fullscreen (tampilan berjendala layar penuh), dan windowed (tampilan berjendala yang tidak penuh).
Resolution : resolusi layar yang bisa disesuaikan dengan layar komputer/laptop kamu untuk mendapatkan tampilan layar yang paling sesuai dengan keinginan kamu.
Refresh Rate : frekuensi dari tampilan layar setiap detik, semakin besar refresh rate yang diberikan, maka semakin mulus tampilan yang muncul dilayar, akan tetapi tidak akan ada pengaruh jika layar monitor kamu memiliki refresh rate 30, walaupun kamu memilih refresh rate yang lebih tinggi. default dari game adalah 60.
Vertical Sync : aktifkan atau centang pengaturan ini jika komputer kamu adalah komputer lama atau jika di game kamu muncul screen tearing, atau komputer terlalu panas. untuk penjelasan tentang vertical sync ini kamu bisa dibaca disini (penjelasan dalam bahasa inggris).

GRAPHICS
Graphics Quality : ada 5 pilihan, low, low medium, medium, high, ultra (lihat gambar perbandingan kualitas grafik untuk pemandangan disini dan detail sims dan objek disini atau lihat perbandingan kualitas grafik dalam bentuk video yang lebih detail disini)
Sims : menyesuaikan level detail sims sesuai dengan yang kamu inginkan (dari low hingga very high)
Objects : menyesuaikan level detail objek  sesuai dengan yang kamu inginkan (dari low hingga very high)
Lighting : menyesuaikan level detail pencahayaan dan bayangan sesuai dengan yang kamu inginkan (dari low hingga very high)
Reflections : menyesuaikan level detail bayangan yang muncul di air dan kaca sesuai dengan yang kamu inginkan (dari low hingga very high)
Visual Effects: menyesuaikan kualitas efek visual pada sims 4. yang termasuk efek visual ini antara lain pemandangan langit, awan, api, asap, dan sebagainya.
Edge Smoothing : menyesuaikan level detail untuk anti-aliasing, semacam gerigi yang muncul diujung-ujung objek (lihat contoh anti-aliasing sebelum dan sesudah >> lihat bagian ujung-ujung rambut), dimana levelnya memiliki pilihan dari low hingga very high. pemilihan level yang tinggi pada pengaturan ini memang akan membuat ujung objek menjadi lebih halus tetapi bisa mengurangi performa game.
3D Scene Resolution : menyesuaikan resolusi objek 3 dimensi tanpa menganggu resolusi UI (user interface - tampilan untuk pemain, seperti inventory, menu, dsb) dimana levelnya memiliki pilihan dari low hingga very high.
View Distance : menyesuaikan level detail latar belakang sesuai dengan yang kamu inginkan (dari low hingga very high).
Uncompressed Sim Textures : jika diceklis akan memberikan efek tekstur sims yang lebih mulus, hanya saja tekstur ini tidak akan terlalu terlihat kecuali kamu punya resolusi layar komputer yang besar (3000 lebih) dan akan menghabiskan memori gpu lebih banyak. lihat perbandingan tekstur sims disini.
Post Processing Effects : jika diceklis akan memberikan efek blur pada latar permainan serta memberikan fokus kamera lebih kepada pencahayaan dan bayangan. jika dimatikan (tidak diceklis) dapat menyebabkan kerja yang lebih berat pada komputer kamu. lihat perbandingan efek disini.
Laptop Mode : jika diceklis akan menurunkan kualitas visual game tetapi mempercepat kinerja game (sangat disarankan bagi pengguna laptop dengan spefikasi yang rendah). jika kamu menggunakan cc rambut tekstur alpha jangan ceklis pengaturan ini. lihat perbandingan pengaturan ini on/off disini (gambar kiri laptop mode on, kanan laptop mode off).

AUDIO

VOLUME
Master Volume : menyesuaikan volume secara keseluruhan
Object Music : menyesuaikan volume musik dari objek sims 4 di Live Mode
Music : menyesuaikan volume musik di Main Menu dan Mode lainnya kecuali Live Mode
Voices : menyesuaikan volume suara sims
Sound Effects : menyesuaikan volume efek suara
UI Sound : menyesuaikan volume dari interaksi UI (user interface - tampilan untuk pemain game, seperti menu, inventory, dsb)

OTHER
Speaker Setup : menyesuaikan output audia yang paling sesuai dengan konfigurasi speaker yang kamu gunakan. ada 5 pilihan, yaitu stereo, headphones, quad, 5.1, dan 7.1 (buat kamu yang suka sama suara latar belakang, disarankan pake headset yang bagus karena suara latar belakang di sims ini keren banget).
Audio Quality : menyesuaikan kualitas campuran antara audio dan playback. ada 3 pilihan yaitu low, medium, dan high.
Audio Focus : jika diceklis, maka audio sims 4 tidak akan berbunyi ketika game di-minimized
Enable Mood Sting : jika diceklis, maka efek suara yang muncul setiap kali sims kamu memiliki moodlet yang berbeda akan berbunyi
Match Speed Stereo Music : jika diceklis, maka kecepatan musik akan sama dengan kecepatan game dimainkan

MUSIC

terdiri dari berbagai macam station (genre) dengan daftar lagu yang bisa dimainkan. keterangan lengkap tentang semua lagu di sims 4 bisa dilihat disini.

GAMEPLAY

Autonomy : ada 2 pilihan yaitu full dan off, jika full, maka sims akan melakukan suatu kegiatan tanpa kamu perintahkan. jika off, maka sims hanya akan melakukan suatu tindakan ketika nyawanya terancam.
Disable Autonomy for Selected Sim : jika diceklis, maka sims yang sedang dimainkan tidak akan melakukan aktivitas selain yang kamu perintahkan sementara sims lain yang berada di rumah yang sama akan melakukan aktivitas tanpa diperintahkan.
Auto Age (Played Sims) : ada 3 pilihan yaitu yes, no, dan only active household. jika kamu memilih yes, maka semua sims yang kamu mainkan akan bertambah umurnya, dan meninggal jika sudah lewat usia dewasa tuanya. jika kamu memilih no, maka semua sims yang kamu mainkan tidak akan bertambah umurnya dan jika kamu memilih only active household maka hanya anggota keluarga yang berada di rumah yang sedang kamu mainkan saja yang akan bertambah umurnya sementara sims lain yang tidak tinggal di rumah yang sedang kamu mainkan tidak akan bertambah umurnya.
Auto Age (Unplayed Sims) : jika diceklis, maka sims yang tidak kamu mainkan akan bertambah umurnya. untuk menghentikan umur sims yang tidak dimainkan, jangan ceklis pengaturan ini.
Sim Lifespan : ada 3 pilihan yaitu long (panjang), normal, dan short (pendek). pilih salah satu untuk mengatur lamanya jangka hidup sims kamu. untuk banyak harinya, bisa kamu lihat dari tabel di bawah ini:
Jangka Hidup
Baby
Toddler
Child
Teen
Young Adult
Adult
Elder
Total
Short
1.5
4
7
7
10
10
bervariasi
38 +
Normal
3
7
13
13
20
20
bervariasi
73 +
Long
12
28
52
52
80
80
bervariasi
292 +
* semua angka diatas dihitung dalam hari
* sims yang sedang hamil tidak akan bertambah umurnya selama kehamilan
* jika sims yang sudah tua (elder) sudah memiliki usia yang penuh di informasi usianya, biasanya mereka akan meninggal dalam 48 jam ke depan waktu sims

Hide Challenge UI : menyembunyikan UI yang berisi informasi tentang challenge (tantangan) yang diberikan sewaktu-waktu kepada pemain sims ori.
Traditional Social Menu : jika diklik akan memberikan menu lama yang memberikan pilihan interaksi dan aktivitas yang disusun berdasarkan tipe daripada relevansi konteks. gambar dibawah adalah contoh perbandingkan menu baru dengan menu lama:

Fill Empty Homes : jika diceklis, maka secara otomatis, sims yang beredar di sekitar lingkungan sims yang kamu mainkan mengisi rumah-rumah kosong yang tersedia.

GAME CAMERA

Edge Scrolling : jika diceklis, maka kamera akan berpindah ketika kursor mouse berada di ujung layar permainan (haya berlaku jika layar (display type) fullscreen).
Sims 3 Camera : jika diceklis maka pengaturan kamera akan menggunakan pengaturan kamera sims 3.
Invert Horizontal Rotation : jika diceklis, maka rotasi kamera horizontal akan berlawanan arah (kanan menjadi kiri, kiri menjadi kanan)
Invert Vertical Rotation : jika diceklis, maka rotasi kamera vertikal akan berlawanan arah (atas menjadi bawah, bawah menjadi atas)

SCREEN CAPTURE

VIDEO CAPTURE
Capture Size : ukuran video yang direkam, ada 3 pilihan, yaitu small (320x240), medium (640x480), dan large (1024x768). jika kamu ingin membuat video HD untuk youtube, maka kamu harus mengubah pengaturannya. cara mengubahnya bisa dilihat disini (artikel dalam bahasa inggris).
Capture Quality : kualitas video yang direkam, ada 4 pilihan, yaitu low (rendah), medium, high (tinggi), dan uncompressed (raw alias tidak dipotong). untuk membuat video, uncompressed sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, karena hanya lebih menghabiskan memori saja, cukup pilih high untuk pengaturan ini.
Capture UI : jika diceklis, maka tampilan UI (contoh: jendela inventory, notifikasi) akan ikut terekam.
Music : jika diceklis, maka suara musik akan ikut terekam.
Voices : jika diceklis, maka suara sims akan ikut terekam.
Sound effects : jika diceklis, maka efek suara akan ikut terekam.
UI Sounds : jika diceklis, maka suara dari UI (contoh: bunyi klik-klik kalau kamu lagi ngasih perintah ke sims) akan ikut terekam.
Location Path : letak video setelah berhasil direkam.

MEMORY / PICTURE CAPTURE
Capture UI : jika diceklis, maka tampilan UI (contoh: jendela inventory, notifikasi) akan ikut terfoto. berikut adalah contoh tampilan gambar yang diambil dengan dan tanpa UI
pengaturan Capture UI di foto kiri tidak diceklis, sedangkan di kanan diceklis
Show Dialog After Capture : memunculkan kotak dialog yang berisi foto yang baru saja diambil setiap kali kamu mengambil foto di game.
Location Path : letak gambar setelah berhasil difoto.

OTHER

OTHER
Online Feature Access : jika diceklis, maka kamu bisa mengakses fitur-fitur online langsung di game.
Online Notifications : jika diceklis, maka kamu akan mendapatkan notifikasi setiap kali Maxis dan simmers lain yang kamu follow mengupload ke gallery atau menyukai salah satu karya di gallery.
Hide Reported Content : jika diceklis, maka konten di gallery yang sudah kamu laporkan akan tersembunyi dari pandangan kamu.
Enable Custom Content and Mods : jika diceklis, maka game kamu sudah bisa menggunakan mod dan cc di game kamu.
Script Mods Allowed : jika diceklis, maka mod yang bertipe ts4script akan terbaca di game. untuk pengaturan ini kamu harus restart permainan agar mod ts4script nya bisa digunakan di game.
View Custom Content : tekan tombol jika ingin melihat nama semua mod dan cc yang terpasang di game.
Auto Reconnect : jika diceklis, maka game akan melakukan re-koneksi ketika internet tidak stabil.
Share User Data : jika diceklis, maka kamu mengizinkan data yang kamu mainkan di game untuk langsung dibaca oleh origin dan tim di belakangnya.
Log in to Facebook : jika login, maka kamu bisa mengepos foto sims kamu ke facebook langsung dari game tanpa harus membuka browser terlebih dahulu.
Log in to Twitter : jika login, maka kamu bisa mengepos foto sims kamu ke twitter langsung dari game tanpa harus membuka browser terlebih dahulu.
Privacy & Cookies : jika kamu klik tombol disampingnya, maka akan muncul daftar kebijakan yang dimiliki EA, yang detailnya bisa kamu lihat disini (artikel dalam bahasa inggris).
EA Terms of Service : jika kamu klik tombol disampingnya, maka akan muncul daftar kebijakan yang dimiliki EA, yang detailnya bisa kamu lihat disini (ini emang keterangannya sama dengan yang diatas hehe)

TUTORIAL
Reset Tutorial : tekan tombol jika ingin mereset (mengatur ulang) tutorial
Tutorials : jika diceklis, maka tutorial akan muncul untuk menjelaskan cara bermain sims 4

sekian pos kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.