Mod Conflict Detector + Instal


halo. lagi-lagi saya akan membahas tentang program yang dapat membantu kamu dalam mengatur mod dan cc kamu. pos kali ini akan membahas program yang mod conflict detector. baca program lain yang dapat membantu kamu mengatur cc kamu lebih rapi disini.

KEGUNAAN
seperti namanya, program ini bisa menjadi detektor mengetahui mod mana yang akan konflik atau mod yang mengubah permainan asli. dan program ini tidak hanya khusus dalam detektor konflik, ia juga bisa digunakan untuk:
- mencari mod untuk the sims 2 atau the sims 3, berbeda dengan sims 3 yang memiliki format yang berbeda (sims3pack) yang bisa membuat kita langsung sadar bahwa ini bukan mod sims 4,  mod sims 2 memiliki format yang sama dengan mod sims 4 (package) sehingga sulit dibedakan. jika kamu pernah mengalami game kamu tidak bisa terbuka di awal, ini bisa saja karena ada mod sims versi lama yang menyusup yang tidak kamu sadari sudah kamu donlot dan kamu taro di folder mods. (highlight: kuning)

- mencari broken file atau file yang rusak. sayangnya, fitur ini masih belum terlalu dikembangkan dimana terkadang ada cc yang tidak terbaca yang diakibatkan oleh tidak adanya mesh, tetapi belum bisa terdeteksi oleh program ini. (highlight: merah)

- mencari mod yang konflik atau mod yang mengubah permainan asli (highlight: biru muda). mod ini biasanya tidak saya apa-apakan karena memang ada beberapa mod yang memang dibuat untuk menimpa atau mengubah permainan asli dari sims nya. tidak masalah jika kamu menemukan mod atau cc yang di-highlight warna ini, sejauh ini tidak pernah menganggu game saya.

- mencari mod yang duplikat, saya suka banget fitur ini, karena bisa mencari file yang sama yang luput dari saya, kadang saya punya file yang sama sampai 4. (highlight: biru tua)

- mencari disabled file atau file yang kita non-aktifkan menggunakan tombol yang disediakan di program ini (highlight: pink)

- mencari game file <- yang ini saya belum nemu, maksudnya game file yang seperti apa, akan diupdate setelah saya menemukan kegunaannya (highlight: hijau)

- mencari third party yang bukan merupakan mod. biasanya script sims 4 akan dibaca third party oleh program ini (highlight: kuning kehijau-hijauan, err warna apa ya ini)

- mencari konten yang salah atau file yang seharusnya sudah di-unpacking (file yang sudah di-unzip) (highlight: oranye agak coklat sedikit)

CARA INSTAL & PAKAI
nah oke banget kan programnya, sekarang mari saya bahas cara menginstalnya.
1. download versi terbaru program ini disini

2. unzip semua isi file rar ke folder baru
3. klik 2x ikon mod conflict detector
4. masukkan folder dimana kamu ingin memeriksa mod kamu, centang subdirs jika kamu memiliki sub-folder, pilih scan level yang kamu inginkan, dan klik scan

5. rapikan file mod dan cc kamu

jika kamu mencentang "by category" yang terletak disebelah kiri atas maka file secara langsung akan diurutkan menurut "permasalahan" yang ditemukan, seperti file berwarna biru tua yang berarti kedua file tersebut sama dan bisa dihapus salah satunya dengan mencentang salah satu file kemudian langsung menghapusnya menggunakan tombol yang tersedia yang terletak di bagian atas yang sudah saya tandai dengan kotak merah. kegunaan masing-masing tombol tersebut adalah: (dari kiri)
tombol yang ada pada Mod Conflict Detector
- tombol disable : untuk menon-aktifkan mod yang dipilih
- tombol open file dir: untuk membuka folder tempat file yang kamu centang
- tombol open file: untuk membuka mod langsung di S4PE (akan saya update kegunaan program satu ini nanti ya, mudah-mudahan bisa saya selesaikan pos nya sesegera mungkin)
- tombol move to the recycle bin: untuk langsung menghapus mod yang tidak kamu inginkan tanpa harus membuka folder tempat mod tersebut terletak.
tips:
jika kamu menggunakan program bulk rename utility yang saya pos sebelumnya untuk mengganti semua nama cc kamu, kemudian kamu menggunakan program ini maka program ini bisa bekerja lebih baik dalam mencari file duplikat. pertama kali saya menggunakan duo maut ini, saya menemukan salah satu cc saya berduplikat 5 dan ada yang 3 tanpa saya sadari. padahal saya selalu berhati-hati mencari file duplikat tapi namanya manusia ada saja yang luput hehe.
nah sekian dulu pos saya kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.