The Sims 4 Dine Out Guide


halo. berikut adalah panduan GP untuk Dine Out yang keluar 7 Juni 2016 lalu (akhirnya yaaa, saya ngerjain ini udah berbulan-bulan lalu dan akhirnya selesai juga setelah badai kemalasan saya berlalu). tonton trailer tentang GP ini disini.


OBJEK CREATE A SIM (CAS) BARU
TEEN-ELDER FEMININE
3 rambut baru, 1 topi, 2 atasan, 2 bawahan, 7 baju terusan, dan 4 styled looks 
TEEN-ELDER MASCULINE
1 rambut baru, 1 topi, 5 atasan, 2 bawahan, 4 baju terusan, dan 4 styled looks
CHILD FEMININE
1 rambut baru, 1 atasan, 1 bawahan, 1 baju terusan, dan 1 styled looks
CHILD MASCULINE
1 rambut baru, 2 atasan, dan 1 styled looks
cek objek CAS lengkap untuk GP ini disini
OBJEK BUILD MODE BARU 
ada sekitar 125 objek baru untuk Build Mode
cek objek Build Mode lengkap untuk GP ini disini
OBJEK DENGAN GAMEPLAY BARU
Aquarium
ada model aquarium baru di GP ini dengan interaksi yang sama dengan model aquarium sebelumnya, yaitu Purchase Fish (membeli ikan tertentu langsung dari aquarium), Fully Stock with Fish (mengisi aquarium dengan berbagai macam jenis ikan seharga §130 simoleons yang terdiri dari 4 ikan), dan Open (mengambil atau mengisi aquarium dengan ikan segar yang sims simpan di inventorinya). kamu bisa membeli objek ini seharga §850 simoleons.

Chef Station
chef station adalah objek baru pada GP ini yang berfungsi sebagai tempat masak koki di restoran. kamu juga bisa menggunakan station ini di rumah dimana station ini merupakan satu-satunya tempat untuk memasak makanan eksperimental. kamu bisa membeli objek ini dari harga §3300 - §3350 simoleons. untuk interaksinya sama sama saja dengan interaksi di kompor biasa kecuali kamu sudah pernah makan makanan eksperimental, sehingga kamu bisa mencoba membuatnya di rumah.

Restaurant Signs
restauran signs atau plang tanda restoran adalah objek baru pada GP ini yang membantu kamu memberikan tanda berciri khas khusus untuk restoran kamu. ada 20 lebih tanda yang bisa kamu pilih dengan harga objek berkisar §50 - §290 simoleons.

LOT PRE-BUILD BARU
Dine Out GP ini juga mendapatkan 6 bangunan sudah jadi yang tersimpan di My Library, Gallery yaitu:
DESCRIPTION
Sunny Side Up Dinner
(Restaurant, 30×20, §46.436)
DESCRIPTION
Hogan's Burger Bar
(Restaurant, 30×20, §28.596)
DESCRIPTION
The Diving Pelican
(Restaurant, 30×20, §87.592)
DESCRIPTION
L'Attente Bistro
(Restaurant, 30×20, §75.840)
DESCRIPTION
Villa Bovine
(Restaurant, 30×20, §71.674)
DESCRIPTION
Chez Llama
(Restaurant, 30×20, §112.347)
ROOM STYLE BARU

KONTEN GALERI BARU
konten baru yang diupload oleh the sims di gallery

VENUE BARU

ada tipe area baru bernama Restaurant dimana bangunan harus memiliki syarat dibawah ini untuk bisa disebut Restaurant:
1 Sink (wastafel)
1 Toilet
1 Chef Station (tempat masak chef)
4 Dining Spots (teman makan)
1 Waiter Station (tempat waiters/waitress menunggu pesanan)
1 Host Station (tempat host menerima tamu)

MEMBANGUN RESTORAN
jika kamu merasa restoran yang diupload di gallery atau restoran yang disediakan sims tidak memenuhi keinginan kamu, kamu bisa membuat sendiri restoran sesuai dengan yang kamu inginkan.

untuk melihat detail cara-cara memilih restoran, kamu bisa melihatnya di pos saya tentang tutorial membuka retail store (konsepnya mirip dengan restoran) disini. di bagian ini saya akan memberikan informasi spesifik yang dibutuhkan agar restoran yang kamu bangun bisa bekerja dengan baik.

kamu bisa membangun restoran dengan membuatnya langsung dari Map Mode (mode peta, cara ini membuat kamu bisa meletakkan objek apa saja di restoran tanpa harus khawatir kekurangan dana) atau dengan membuat kamu memainkan salah satu sims di Live Mode dan memilih untuk membeli restoran - Buy A Restaurant (cara ini bisa bisa kamu lakukan jika kamu ingin menyimpan objek di inventori keluarga atau ingin menggunakan objek yang ada di inventori sims kamu atau di inventory keluarga - inventory yang ada di Build Mode). jika kamu membuat restoran dengan cara membeli restoran, maka kamu juga langsung sebagai pemilik restoran sampai kamu menjual restoran tersebut.


setelah memilih membeli restoran dan memilih tanah kosong, kamu kemudian akan diminta untuk menyalurkan atau mentransfer dana dari keuangan keluarga (household funds) ke keuangan restoran (current restaurant funds). jumlahnya terserah kamu, yang penting mencukupi biaya untuk membangun restoran. minimum dana yang diperlukan di kisaran §10.000 - §15.000 simoleons. jika kamu kekurangan dana, kamu bisa meninggalkan area restoran yang sedang dibangun dan kembali ke rumah kamu untuk mendapatkan dana lebih, misalnya dengan bekerja atau menjual koleksi yang ada di inventori sims kamu. jika dana yang diperlukan untuk membangun restoran sudah dikumpulkan, kamu bisa kembali mentransfer dana ke keuangan restoran dan membangun restoran kembali. pastikan restoran kamu meletakkan semua objek yang menjadi syarat agar restoran bekerja (lihat syarat di bagian venue baru).
asalkan ada uang dan waktunya, sims kamu bisa memiliki banyak restoran sekaligus.
jangan lupa untuk memberikan nama untuk restoran kamu

PEMILIK RESTORAN 101
berikut adalah penjelasan untuk sims yang membuka usaha restoran.
secara garis besar, cara kerja restoran ini sama dengan toko retail yang sudah saya buatkan guide nya disini.

setelah membeli restoran, pada bagian jendela tampilan kiri bawah akan ada jendela UI baru dimana kamu bisa mengatur restoran kamu dari jendela tersebut. berikut adalah penjelasan dari menu restoran ini.

Management Settings

Price Markup
kamu bisa mengatur harga jual di restoran kamu mulai dari 100% - 300% dimana harga jual ini adalah modal untuk membuat makanan ditambah keuntungan dari makanan dijual. misalnya pada gambar terlihat price markup 125%, ini berarti kamu akan mendapatkan untung 25%. harga jual yang murah akan membuat pengunjung restoran kamu senang, akan tetapi jika restoran kamu memiliki kualitas pelayanan yang baik dan makanan yang enak, pengunjung tidak akan keberatan jika kamu memberikan harga yang lumayan mahal.

Advertising
ada 4 jenis iklan yang bisa kamu beli untuk membuat restoran kamu lebih terkenal. sebaiknya iklan ini dilakukan setelah restoran kamu memiliki staff yang cukup ahli dan kualitas makanan yang baik sehingga peningkatan pengunjung restoran tidak akan menurunkan rating untuk restoran kamu. berikut adalah daftar paket iklan yang bisa kamu beli:
Silver Package §120/hari
Gold Package §240/hari
Platinum Package §480/hari
Diamond Package §1200/hari

Ingredient Quality
pada awal memiliki restoran, kualitas bahan makanan yang digunakan di restoran kamu adalah standar, kamu bisa mengganti pilihan kualitas ini dengan membeli perk Ingredient Quality Options sebanyak 500 poin perks (baca penjelasan lebih lanjut tentang perks di bagian restaurant perks). berikut adalah pilihan bahan makanan yang bisa kamu gunakan jika kamu sudah membeli perk ini:
Grade F (mengurangi biaya bahan makanan atau cost 25%)
Standard
Fresh Organic (menambah biaya bahan makanan atau cost 10%)
Local, GMO Free, and Freshly Harvested (menambah biaya bahan makanan atau cost 25%)

perlu diingat bahwa bahan makanan yang bagus tidak akan berpengaruh jika kamu tidak memiliki staf restoran yang mumpuni dengan skill yang baik.

Menu Settings
kamu bisa mengatur menu makanan untuk restoran kamu semuanya dari awal atau memilih salah satu tema menu yang sudah tersedia. ada 5 tema menu yang sudah tersedia yang bisa kamu pilih yang sudah mencakup jenis minuman (drinks), makanan pembuka (appetizers), makanan utama (main course), dan makanan penutup (dessert) yang berkaitan dengan tema tersebut. tema tersebut adalah Dinner (spesialisasi makanan untuk makan malam), Brunch (spesialisasi makanan untuk makan pagi dan makan siang yang digabung), Experimental (spesialisasi makanan eksperimental), Italian (spesialiasasi makanan italia), dan Seafood (spesialisasi makanan laut).

atau kamu bisa memilih makanan yang kamu inginkan untuk kamu sajikan di restoran. ada 3 tipe makanan yang bisa dipilih yaitu appetizer, main course, dan dessert dimana pada masing-masing tipe kamu bisa memilih 30 jenis makanan. akan tetapi kamu bisa saja memilih hanya menghidangkan main course saja atau dessert saja, semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.


untuk bisa menambahkan pilihan menu, kamu bisa menekan tanda tambah (+) di sebelah kiri setiap tipe menu dan memilih pilihan makanan/minuman yang ingin kamu tambahkan. khusus untuk menu minuman, kamu harus menambahkan 1 jenis minuman selain air putih agar menu bisa berfungsi. setiap jenis makanan dan minuman yang bisa kamu pilih di menu memiliki level kesulitan yang berbeda-beda dari level 1 sampai 5 dimana level ini mengindikasikan skill cooking atau mixology yang harus dimiliki oleh chef atau koki di restoran. level 1 makanan/minuman memerlukan skill level 2, level 2 makanan/minuman memerlukan skill level 4, dan seterusnya.

Employee Settings
pada bagian ini, kamu bisa mengatur seragam yang digunakan oleh staff di restoran kamu. kamu bisa memilih seragam yang berbeda untuk chef (koki), host (penerima tamu), dan wait staff. untuk mengatur seragam tersebut, kamu bisa mengklik salah satu seragam untuk staff restoran kamu, kemudian memilih seragam yang sudah ada atau menambahkan seragam baru dengan mengklik tanda tambah (+) dimana kamu bisa mengatur seragam dari nol di CAS Mode.


Customer Dress Code
dan yang terakhir pada management settings ini adalah kamu bisa mengatur jenis pakaian seperti apa yang akan digunakan oleh pengunjung restoran ketika datang ke restoran kamu. ada 6 pilihan pakaian yang tersedia yaitu Everyday, Formal, Sleep, Swimming, Party, or Active.

ketika pakaian sehari-hari (everyday) sudah terlalu biasa, kamu bisa memilih jenis pakaian tidur (sleep) untuk pengunjung restoran kamu
jika kamu menyimpan atau mendownload restoran dari gallery atau dari internet, pengaturan untuk management settings ini juga sudah tersimpan semuanya sehingga kamu tidak perlu takut harus mengatur ulang segala macam settings ini.
Managing Employees

seperti yang diketahui, pada GP ini kamu hanya bisa bekerja di restoran sebagai pemilik. untuk pekerja lain di restoran, kamu harus mempekerjakan mereka. untuk bisa mengatur staff restoran, termasuk mempekerjakan staff baru kamu bisa membuka pengaturan manage employees ini.


pada awal sebelum membuka restoran, kamu bisa mempekerjakan 1 host (penerima tamu), 1 chef (koki), dan 1 waiter (pelayan laki-laki)/waitress (pelayan perempuan). kamu bisa menambah slot untuk staff restoran kamu dengan membeli slot tersebut menggunakan restoran perk. pada keadaan maksimum, 1 restoran bisa memiliki 1 host, 2 chef, dan 3 waiters/waitresses.

kamu bisa memilih staff restoran dari 6 sims yang diberikan profilnya di jendela pengaturan ini. calon pekerja ini memiliki daftar skill yang mereka miliki yang bisa membantu kamu untuk memilih staff restoran. pilihlah staff yang memiliki skill lebih tinggi daripada staff yang lain.

ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan yang dapat mempengaruhi performa staff dan restoran kamu. berikut adalah penjelasannya:

Skill
di awal membuka restoran, skill yang dimiliki staff sangat rendah, akan tetapi seiring dengan semakin lamanya bekerja, skill mereka akan meningkat dengan sendirinya. semakin tinggi skill yang dimiliki oleh staff restoran, maka semakin baik performa yang mereka hasilkan. berikut adalah daftar skill yang dimiliki oleh masing-masing staff:
- seorang host membutuhkan skill comedy dan skill charisma yang dapat mempengaruhi review customer terkait pelayanan yang diberikan host dalam membawa pengunjung restoran ke tempat duduk yang diinginkan.
- seorang waiter/waitress membutuhkan skill charisma yang dapat mempengaruhi review customer terkait pelayanan ketika makanan dihidangkan dan skill fitness yang dapat mempengaruhi kemungkinan staff untuk menjatuhkan makanan yang sedang dibawanya.
- seorang chef membutuhkan skill mixology yang dapat mempengaruhi kualitas minuman serta seberapa sulit resep minuman yang dapat dibuatnya dan skill cooking yang dapat mempengaruhi kualitas makanan serta seberapa sulit resep makanan yang dapat dibuatnya.

Employee Satisfaction
employee satisfaction atau kepuasan staff ini juga bisa berpengaruh terhadap bagaimana pelayanan yang mereka berikan terhadap pengunjung restoran. kepuasan ini dipengaruhi oleh bagaimana staff diperlakukan oleh pemilik restoran dan seberapa besar gajinya. ada 5 jenis kepuasan yang bisa dimiliki oleh staff, yaitu very unsatisfied (sangat tidak puas), unsatisfied (tidak puas), neutral (netral), satisfied (puas), dan very satisfied (sangat puas). kamu bisa melihat kepuasan staff restoran ini di bagian bawah foto staff jika kamu menekan tombol view shift summary.

sebagai pemilik restoran, semua pengaturan terkait restoran termasuk staff nya benar-benar tergantung keputusan kamu. untuk memastikan staff memiliki kepuasan yang baik terhadap kamu, maka kamu harus memastikan restoran memiliki hari libur atau memiliki waktu buka dan tutup untuk memberikan waktu beristirahat bagi staff restoran. ada baiknya, ketika kamu baru buka atau akan menutup restoran, kamu mengklik host station (meja tempat host berdiri menyambut tamu) dan memilih disallow new customers untuk memastikan staff kamu sudah berada di posisinya untuk menyambut tamu yang datang ketika akan membuka restoran dan menyelesaikan semua pesanan pengunjung restoran sebelum menutup restoran. jika kamu tidak memilih disallow ini ketika akan menutup restoran, pengunjung restoran akan tetap berdatangan silih berganti dan akan langsung meninggalkan makanannya seketika kamu mengklik tutup restoran tanpa membayarnya.

Management Interactions
management interactions atau interaksi mengelola ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill dan kepuasan pekerja lebih cepat. untuk melakukan interaksi ini, kamu cukup mengklik salah satu staff restoran kamu dan memilih manage xxx (xxx adalah nama staff restoran). berikut adalah pilihan interaksi yang bisa kamu lakukan untuk staff restoran kamu:

- Check Up On : memilih interaksi ini akan memunculkan notifikasi tentang kepuasan staff dengan pekerjaannya.
- Criticize : gunakan interaksi kritik ini hanya ketika staff benar-benar tidak melakukan pekerjaannya. jika kamu memilih interaksi ini ketika staff bekerja dengan baik, kepuasan mereka terhadap pekerjaannya akan menurun atau bahkan mereka memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya.
- Praise : memilih interaksi memuji ini akan memberikan peningkatan rasa bahagia sementara terhadap staff yang berpengaruh pada peningkatan performa kerja mereka.
- Demote : jika kamu merasa kamu membayar staff kamu terlalu mahal sementara performa atau skill nya masih rendah, kamu bisa memilih interaksi menurunkan jabatan ini.
- Promote :  jika kamu merasa kamu membayar staff kamu terlalu sedikit sementara performa atau skill nya sudah baik, kamu bisa memilih interaksi menaikkan jabatan ini. di awal permainan, hampir semua staff berada di level 1 pekerjaannya kecuali ada calon staff yang memiliki skill yang tinggi. penaikan atau penurunan jabatan setiap staff restoran benar-benar terserah pengaturan kamu, akan tetapi harap diingat jika staff kamu sudah bekerja sangat baik tapi kamu tidak menaikkan jabatannya, performa kerja mereka bisa menurun. berikut adalah daftar gaji yang harus kamu bayar berdasarkan level jabatan staff restoran kamu:

Jenis Host Waiter Chef
Level 1 §3/jam §2/jam §7/jam
Level 2 §6/jam §5/jam §12/jam
Level 3 §12/jam §9/jam §17/jam
Level 4 §20/jam §16/jam §30/jam
Level 5 §30/jam §25/jam §50/jam
- Fire : gunakan interaksi ini jika kamu ingin memecat staff restoran yang tidak ingin kamu pekerjakan lagi. kamu bisa mempekerjakan staff baru untuk menggantikan staff yang dipecat.
- Request Cooking Speed : interaksi mengatur kecepatan memasak ini hanya berlaku pada chef saja. kecepatan memasak chef ini bisa berpengaruh terhadap performa restoran, dimana ada 3 pilihan kecepatan yang bisa kamu pilih, yaitu: carefully (waktu memasak lebih lama, tetapi kualitas makanan lebih baik), quickly (waktu memasak lebih cepat tetapi kualitas makanan belum tentu baik, dan bahkan bisa menyebabkan tamu restoran keracunan), dan normal (kecepatan dan kualitas makanan seimbang).
Inspirational Speech : interaksi ini hanya terbuka jika kamu membelinya menggunakan poin perk restoran (penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di bagian restaurant perk). jika kamu sudah membeli interaksi ini, maka kamu bisa menggunakannya diawal buka restoran untuk memberikan semangat kepada staff.
- Pay For Training : dan interaksi terakhir pada management ini adalah membayar pelatihan untuk staff restoran kamu. interaksi ini bisa kamu lakukan jika kamu ingin meningkatkan skill staff kamu lebih cepat. sebaiknya kamu melakukan interaksi ini pada staff yang baru saja bekerja dan masih memiliki skill yang rendah. ada 3 jenis training yang bisa kamu pilih yaitu:
Brief Training (§150) : mengirim staff ke pelatihan singkat setelah restoran tutup.
Standard Training (§600) : mengirim staff yang sudah memiliki skill level 5 ke pelatihan standar setelah restoran tutup.
Extensive Training (§1500) : mengirim staff yang sudah memiliki skill level 7 ke pelatihan ekstensif setelah restoran tutup.
jika kamu membeli Lower Employee Training Costs menggunakan poin perk restoran, maka kamu hanya perlu membayar setengah dari harga pelatihan yang sudah ditentukan.
berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan staff restoran yang memiliki skill yang tinggi:
- buatlah household baru yang berisi staff yang kamu inginkan bekerja di restoran kamu dan letakkan di salah satu bangunan tempat tinggal.
- aturlah skill anggota household ini sesuai dengan yang kamu inginkan dengan memasukkan cheat skill yang bisa kamu lihat disini dimana beda jenis pekerjaan membutuhkan skill yang berbeda pula. lihat panduan skill staff restoran di bagian skill diatas.
- setelah itu masuk ke mode manage worlds dan evict household kamu (memindahkan household ke bagian sims yang tidak berada di world - not in the world)
- mainkan sim kamu yang merupakan pemilik restoran, buka menu hire employees (pekerjakan pegawai) untuk memunculkan NPC-NPC baru
- setelah itu kembali ke mode manage worlds dan pilih manage household
- hapus semua NPC yang tidak kamu inginkan
cara ini akan memastikan kamu untuk mendapatkan NPC dari sims yang sudah kamu atur. jika kamu sudah mempekerjan sims yang kamu inginkan, sims tersebut bisa kamu pindahkan kembali ke dalam salah satu bangunan tempat tinggal.

Managing Customers

selain mengatur kepuasan staff restoran, kamu juga harus memastikan bahwa pengunjung restoran kamu meninggalkan restoran dalam keadaan puas agar restoran kamu mendapatkan rating yang baik. rating yang baik akan berpengaruh pada lebih banyaknya pengunjung yang datang.
hal-hal yang mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang adalah rating, iklan, dan jam buka restoran.
kamu dapat melihat rating yang diberikan pengunjung kepada restoran kamu dari angka di dalam bintang yang berada di atas kepala sim pengunjung. bintang berwarna merah menunjukkan rating yang negatif, bintang kuning menunjukkan rating yang netral dan hijau positif. mengarahkan kursor ke pengunjung juga akan menunjukkan lebih banyak informasi terkait apa yang sedang dirasakan pengunjung pada saat itu.

jika pengunjung merasa tidak puas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubahnya:
- Prioritize Meal : chef akan memprioritaskan memasak makanan untuk pengunjung yang kamu inginkan. interaksi ini hanya berlaku jika pengunjung sudah memesan makanan. interaksi ini bisa menyebabkan pengunjung lain yang sudah lebih dahulu menunggu menjadi kesal.
- Comp Meal : membayar makanan yang sudah dipesan oleh pengunjung. interaksi ini hanya berlaku jika pengunjung sudah menerima makanan pesanannya.
- Free Drinks/Dessert : membayar minuman atau makanan penutup untuk semua pengunjung yang berada di satu meja. interaksi ini hanya berlaku jika pengunjung sudah menerima makanan pesanannya.

selain 3 interaksi diatas, ada interaksi lain yang bisa dilakukan pemilik restoran terhadap pengunjungnya yang sudah duduk di salah satu meja restoran:
- Welcome : menyambut pengunjung yang sudah datang ke restoran yang dapat meningkatkan kepuasan pengunjung terhadap restoran dan meningkatkan rating restoran.
- Check on : memastikan pengunjung merasa senang dengan layanan dari staff restoran yang juga meningkatkan kepuasan pengunjung.
tips: gunakan Curious/Curiouser Customers Perks yang bisa dibeli menggunakan perk poin untuk membuka interaksi baru berupa merekomendasikan makanan kepada pengunjung yang penasaran. pilihlah makanan yang paling mahal untuk memaksimalkan keuntungan.
Ratings & Reviews

pada GP ini, rating tertinggi yang bisa diperoleh restoran adalah bintang 5 dimana untuk meningkatkan rating restoran, pemilik restoran harus benar-benar memperhatikan rating dan review yang diberikan setiap pengunjung restoran, terutama ketika pengunjung sudah hampir menyelesaikan makanan karena setelah selesai menyelesaikan makanan dan membayar makanannya, rating yang diberikan pengunjung tidak akan bisa diubah lagi.

selain rating, sebagai pemilik restoran kamu juga harus memperhatikan review pengunjung yang berisi 2 hal yang masih bisa ditingkatkan dan 1 hal yang dirasakan pengunjung sudah bagus (lihat gambar dibawah). 2 hal yang perlu ditingkatkan inilah yang harus diperhatikan agar restoran kamu bisa mendapatkan rating yang lebih tinggi.

berikut adalah daftar hal-hal yang bisa ditingkatkan berdasarkan review restoran kamu:
- Host Greeting : cara penyambutan pengunjung yang baru datang ke restoran oleh host akan mempengaruhi kepuasan pengunjung apalagi jika pengunjung dengan cepat diantarkan ke tempat duduknya.
- Service : semakin cepat jasa yang diberikan waiters kepada pengunjung restoran, semakin puas pengunjung restoran. jasa yang dimaksud disini adalah jasa membawakan makanan dari chef ke pengunjung.
- Ambiance : restoran yang didekorasi dengan cantik dan bebas dari sampah dan makanan basi akan meningkatkan kepuasan pengunjung terkait lingkungannya apalagi jika di restoran ditambahkan speaker stereo.
- Personal Touch : interaksi yang dilakukan langsung oleh pemilik kepada pengunjung restoran akan meningkatkan kepuasan pengunjung. interaksi yang dimaksud adalah interaksi yang dibahas diatas seperti free dessert.
- Wait Time : waktu yang dihabiskan pengunjung untuk menunggu makanannya datang akan menentukan apakah pengunjung akan memakan makanan tersebut atau justru pergi dari restoran karena menunggu terlalu lama.
- Food Quality : kualitas makanan yang dihidangkan ditentukan oleh kualitas bahan makanan, kemampuan chef untuk memasaknya, dan waktu yang diperlukan untuk memasaknya.
- Food and Drink Value : harga jual makanan dan minuman serta kualitasnya akan menentukan apakah pengunjung merasa sesuai antara harga dan kualitasnya. jika kamu memberikan harga yang masuk akal walaupun kualitas makanan belum terlalu baik, pengunjung tetap akan merasa puas. sebaliknya jika kamu memberikan harga yang mahal untuk kualitas yang buruk, restoran kamu akan mendapatkan rating yang buruk

Restaurant Critics
selain rating dari pengunjung adapula rating yang diberikan oleh kritikus makanan. 1 review dari kritikus ini sama dengan 10 review dari pengunjung restoran lainnya. untuk itu, kamu harus memastikan jasa dan makanan yang diberikan kepada kritikus adalah yang terbaik, kalau bisa berikan juga dessert gratis kepada kritikus untuk memastikan ia sangat puas dengan restoran yang kamu miliki. untuk mengetahui pengunjung restoran mana yang merupakan kritikus makanan, kamu bisa melihat dari bintang yang ada di atas kepalanya. seorang kritikus memiliki bintang dengan pita putih dibawahnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. selain itu kritikus makanan juga akan terlihat beberapa kali menulis di catatan selama ia berada di restoran.

Restaurant Perks

sama seperti toko retail, pada restoran ada pula sistem perk yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan aspek tertentu di restoran kamu. aspek-aspek ini bisa dibeli menggunakan perk points yang akan bertambah ketika kamu sedang melayani pengunjung restoran yang datang. untuk bisa melihat apa saja aspek yang bisa dibeli, kamu bisa menekan tombol perk points di menu restoran seperti gambar dibawah ini.

berikut adalah daftar perks yang bisa dibeli dan penjelasannya:

Gambar
Restaurant Perk
Poin
Kegunaan
Curious Customers
250
Membuat pengunjung restoran berharap mendapatkan rekomendasi makanan dari restoran dan membuka kemampuan untuk memberikan rekomendasi melalui sosialisasi “Recommend Dish”
Additional Waiter #1
350
Membuka slot untuk mempekerjakan pegawai kedua
Stunning Sign
500
Membuka kemampuan untuk memilih kualitas bahan makanan
Meal Rush
500
Mendatangkan lebih banyak pengunjung di restoran selama 24 jam waktu sims
Surplus Harvest
500
Mengambil keuntungan dari panen yang berlebih dengan mendapatkan diskon untuk harga bahan makanan selama 24 jam waktu sims
Patient Patrons
600
Membuat pengunjung restoran lebih mudah terkesan dengan pelayanan yang cepat dan bersedia menunggu lebih lama dengan pelayanan yang lambat sebelum kemudian marah
Additional Chef
750
Membuka slot untuk mempekerjakan chef kedua yang juga memerlukan chef station miliknya sendiri
Curiouser Customers
750
Meningkatkan seberapa sering pengunjung restoran meminta rekomendasi makanan. Perk ini terbuka setelah membeli Curious Customer Perk
Additional Waiter #2
900
Membuka slot untuk mempekerjakan pegawai ketiga. Perk ini terbuka setelah membeli Additional Waiter #1 Perk
Inspirational Speech
900
Membuka interaksi sosial “Inspirational Speech” yang digunakan untuk menginspirasi pekerja restoran
Fast Eater
1250
Pengunjung restoran memakan makanannya lebih cepat
Lower Employee Training Cost
1500
Menurunkan biaya pelatihan untuk pekerja restoran
Ingredient Discount (Small)
1800
Menurunkan secara permanen biaya bahan makanan dalam jumlah kecil
Well Funded Foodies
1850
Pengunjung restoran akan lebih sering memilih menu yang lebih mahal
Tidy Tippers
2000
Pengunjung restoran akan memberikan tip agak lebih banyak. Bisa dibeli berulang kali untuk mendapatkan tip yang lebih besar
Ingredient Discount (Large)
3600
Menurunkan secara permanen biaya bahan makanan dalam jumlah besar. Perk ini terbuka setelah membeli Ingredient Discount (Small)
Well Managed
4500
Menurunkan kemungkinan terjadinya peristiwa buruk terjadi di restoran ketika sim kamu pergi
The Chef’s Hat
5000
Membuka topi chef tambahan untuk sims kamu

Report

setiap kali kamu menutup restoran, kamu akan mendapatkan laporan terkait performa restoran secara keseluruhan pada hari tersebut. laporan ini terdiri dari:
- rating restoran dan jumlah review yang sudah diberikan
- jumlah pengunjung yang berhasil dilayani pada hari tersebut
- laporan keuangan, yang terdiri dari total penjualan, modal, keuntungan dari makanan, gaji staff yang harus dibayar, biaya iklan, dan keuntungan bersih
- review pengunjung yang berisi 2 hal yang perlu ditingkatkan dari restoran dan 1 hal yang sudah bagus
- laporan staff yang menginformasikan kepuasan dari setiap staff yang bekerja di restoran


Working From Home

sebagai pemilik restoran, tentunya kamu juga harus berada di restoran ketika restoran sedang buka untuk memastikan restoran berjalan dengan baik. akan tetapi tentu ada waktunya, kamu ingin sims kamu beristirahat di rumah atau melakukan aktivitas lain selain mengatur restorannya. untungnya, sebagai pemilik restoran, kamu bisa pergi dan datang ke restoran kapanpun kamu menginginkannya. kamu juga bisa mengatur restoran dari rumah saja melalui menu restoran. akan tetapi, restoran kamu tidak akan mendapatkan perk points jika kamu tidak berada di restoran.

bekerja dari rumah ini disarankan bila restoran kamu sudah memiliki reputasi yang baik dengan pekerja yang sudah bisa diandalkan karena jauh dari restoran bisa menyebabkan banyak permasalahan seperti pekerja yang bermalas-malasan, pengunjung yang tidak puas, dan restoran yang kotor. kamu bisa membeli Well Managed dari restaurant perk untuk menurunkan kemungkinan peristiwa buruk terjadi ketika kamu sedang tidak berada di restoran walaupun perk ini tidak bisa mencegah peristiwa buruk ini terjadi.

Selling Restaurant

jika kamu merasa restoran kamu sudah mencapai level maksimum atau kamu merasa bosan mengatur restoran yang kamu miliki, kamu bisa menjual restoran dari menu management setting. total uang yang ada di restoran dan harga lot kosong tempat restoran berada akan menentukan harga jual dari restoran.

PENGUNJUNG RESTORAN 101
berikut adalah penjelasan ketika sims datang ke restoran sebagai pengunjung.

selain menjadi pemilik restoran, kamu juga bisa mengunjungi restoran tanpa harus memiliki restoran. kamu cukup meletakkan restoran yang sudah ada salah satu world di sims 4. atau kamu juga bisa membangun restoran terlebih dahulu kemudian menjual restoran tersebut. berikut adalah interaksi-interaksi baru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke restoran:

Request Table
ketika baru datang ke restoran, kamu bisa request atau meminta meja yang kosong sebagai tempat kamu untuk menyantap hidangan restoran. ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk request table ini, yang pertama adalah dengan mengklik host restoran (biasanya host ini berdiri di paling dekat pintu masuk) dan memilih request table dimana host kemudian akan menunjuk salah satu meja yang kosong untuk kamu tempati. atau cara kedua dengan cara langsung memilih meja kosong yang kamu inginkan, kemudian klik meja tersebut untuk request table. jika semua meja restoran penuh, host restoran akan membawa kamu ke tempat duduk di bar agar kamu bisa menunggu hingga salah satu pengunjung restoran selesai dan mengosongkan mejanya.


setelah kamu mendapatkan meja dan kursi untuk duduk, ada beberapa interaksi yang bisa kamu lakukan dengan mengklik meja tersebut:

Give Up Table
jika kamu ingin mengganti tempat duduk kamu, maka kamu bisa memilih interaksi Give Up Table dan mengklik meja yang kamu inginkan untuk kamu tempati

Sit Together
kamu bisa mengklik interaksi ini untuk memastikan semua sims yang ingin kamu ajak makan bersama berada di satu meja yang sama

Draw on Placemat
sambil menunggu makanan yang dipesan datang, sims kamu (baik yang anak-anak maupun yang sudah dewasa) bisa menggambar di kertas untuk mengurangi rasa bosannya. selain itu, interaksi ini juga bisa meningkatkan skill painting (bagi sims dewasa) dan skill creativity (bagi sims anak-anak). hasil gambar tersebut bisa sims kamu simpan di inventori nya dan bisa pula dipajang di rumah.


Order for Table
pilih interaksi ini jika kamu ingin memesan makanan dan minuman untuk sims kamu. setiap kali memesan, kamu bisa memilih 1 jenis minuman dan 1 jenis makanan (baik dari menu appetizer - makanan pembuka, main course - makanan utama, dan dessert - makanan penutup) untuk setiap sim. kamu bisa memesan beberapa kali jika kamu ingin membuat sims kamu mencoba beberapa makanan dalam 1 kali kunjungan.



Bring Out Cake
kamu juga bisa memesan kue ketika kamu sedang berada di restoran dimana kue tersebut bisa digunakan untuk merayakan ulang tahun atau pernikahan dengan cara menambahkan lilin seperti kue ulang tahun atau kue pernikahan pada umumnya atau sekedar hanya untuk dimakan. ada 6 jenis kue yang bisa kamu pilih yaitu:
Blue Confetti Cake §48
Chocolate Cake §24
SimCity Cheesecake §95
Strawberry Cake §33
Tiered Cake §40
White Cake §23


Restaurant Interactions
kamu juga memiliki interaksi baru yang bisa didapatkan dengan cara mengklik staff di restoran. akan ada menu interaksi baru bernama restaurants dimana kamu bisa memberikan pujian (compliment) atau kritikan (insult) terkait masakan yang dihidangkan di restoran tersebut.


Pay Bill
dan terakhir, setelah selesai makan kamu bisa langsung membayar makanan tanpa harus ke meja kasir

Tips:
jika kamu tidak suka dengan menu yang disajikan di restoran kamu bisa mengganti menu restoran tersebut tanpa harus menjadi pemilik restoran dengan cara mengklik tombol Build Mode dan mengklik lambang restoran di sebelah kiri atas dan memilih Edit a Custom Menu. kamu juga bisa mengganti seragam staff restoran dan jenis pakaian yang digunakan oleh pengunjung restoran.


INTERAKSI BARU
Feed a Bite
ada interaksi baru yang muncul di restoran untuk sims yang sedang melakukan interaksi romantis bernama feed a bite dimana sim akan menyuapkan makanannya ke pasangannya. 

Simstagram
layaknya di dunia nyata dimana kamu bisa memfoto makanan yang kamu pesan dan kamu masukkan ke media sosial, di GP kali ini kamu juga bisa memfoto makanan yang kamu pesan dan dimasukkan ke media sosial bernama "simstagram". makanan yang bisa difoto menggunakan interaksi ini hanyalah makanan eksperimental yang termasuk ke dalam koleksi baru dari GP ini. setiap kali sims kamu mengambil foto makanan eksperimental, sims akan meningkatkan skill gourmet cooking nya. foto makanan eksperimental yang sims kamu ambil bisa kamu cetak dan gantung di dinding rumah atau kamu jual seharga $10.
untuk daftar makanan eksperimental, kamu bisa melihatnya dibagian resep baru dibawah
Food Poisoning
ada pula interaksi baru yang bisa terjadi setelah kamu meninggalkan restoran bernama food poisoning atau keracunan makanan dimana sims akan mendapatkan moodlet food poisoned selama beberapa jam. sims yang keracunan makanan restoran ini biasanya akan pergi ke kamar mandi karena merasa mual dan muntah. ketika sims masih memiliki moodlet food poisoned, sims bisa mengklik handphone nya dan menggunakan interaksi baru bernama Report Food Poisoning (melaporkan keracunan makanan) ke restoran dan akan mendapatkan kompensasi uang dari restoran tersebut.

keracunan makanan pada sims tidak akan menyebabkan kematian. setelah sembuh dari keracunana makanan, sims akan mendapatkan moodlet Survived Food Poisoning selama 24 jam dimana akan ada interaksi baru yang muncul ketika sim kamu berinteraksi dengan sims lain bernama Brag yang membanggakan diri sendiri yang berhasil bertahan dari keracunan makanan.

RESEP BARU
ada beberapa resep baru di GP ini, baik itu resep makanan maupun minuman. berikut adalah daftar resep baru tersebut:

MAKANAN BARU

Gambar
Nama
Skill Level
27
Fruit Salad
Level 1 in the Cooking Skill
26
Butternut Squash Soup
Level 4 Gourmet Cooking Skill
29
Italian Meatballs
Level 4 in the Cooking Skill
24
Caesar Salad
Level 5 Homestyle Cooking
Level 2 Gourmet Cooking
30
Tiramisu
Level 5 Homestyle Cooking
Level 5 Gourmet Cooking
25
Minestrone
Level 5 in the Cooking Skill
28
Eggs Benedict
Level 6 Gourmet Cooking Skill
31
Clam Chowder
Level 6 in the Cooking Skill

MINUMAN BARU

Gambar
Nama
Tersedia
23
Monte Vista Reserve Renoit
Restaurants Only
23
Red Nectar Blend
Restaurants Only
22
White Nectar Blend
Restaurants Only
23
Von Haunt Estate Meloire
Restaurants/Bar
22
Riverblossom Cranerlet Nuala
Restaurants/Bar
40
Soft Shadow Avornalino
Restaurants/Bar
22
Granite Falls Grappo Blanco
Restaurants/Bar
21
Sparkling Water
Restaurants/Bar

MAKANAN EKSPERIMENTAL
makanan eksperimental atau experimental food adalah kategori resep baru yang bisa sims kamu dapatkan dari memesan makanan di restoran atau memasaknya di rumah menggunakan chef station. pada awalnya kamu hanya bisa mendapatkan makanan eksperimental ini ketika memesannya di restoran. sims kamu baru bisa memasaknya di rumah jika dia memiliki skill cooking diatas level 5 dan mencobanya sekali di restoran.

berikut adalah daftar semua makanan eksperimental yang tersedia di GP ini:

Gambar
Nama
Deskripsi
19
Vanilla Sea Shells and Chocolate Caviar
A perfect mix of the classic flavors. #TeamVanilla or #TeamChocolate
15
Semi-Firm Beet Noodles
A bit beyond al dente but it works for this vegetarian dish. #JustBeetIt
17
Glazed Heirloom Bamboo Roll
A delightful departure from the flavor of raw bamboo. It was probably taken too far for the panda at heart. #Bamboozled
20
Crystallized Coco Blocks
Its tempting to build walls and structures with these little cubes. Don't forget to experience the taste. #PlayingWithMyFood
7
Cubed Ahi with Veggie Wasabi Matrix
The chef's homage to the amazingly streamlined shape of the wild tuna. #OpporTunatySiezed
16
Sizzled Brisket over Sour Clover Salad
Sizzling until the last bite. #TastyBiteOfLuck
12
Jungle Moss Egg with Lavender Wisps
Served without unnecessary humidity and bugs. #CulinarySafari
14
Artisan Fish Trio
A fresh sampling of the most skilled fish in the sea. #JustForTheHalibut
6
Tiger Shrimp in Smoked Dewdrop Broth
The flavor of these tasty shrimp leaps out and attacks the tongue. #CrouchingTigerHiddenFlavor
4
Spherized Fruit Gel in Foam Nest
The gels are concentrated fruit flavor balanced well with a neutral foam palette cleanser. #NestedFlavor
10
Honeycomb Garden Vegetable Cups
Delicate cups of veggie goodness, each celebrating its own flavor from the garden. #HiveFive
2
Glacier Infused Iceberg Lettuce
Caution, can cause ice cream headaches without the ice cream. #IcebergAhead
8
Rustic Pâté Drizzled in Aged Jus
A single bite will take your mouth on a country holiday. #ReadyToPate
3
Cured Meat Crisps on Reclaimed Forest Wood
Flavor sealed in by the solar curing process really pops when bitten into. #EcoFriendly
5
Savory Bacon Love Petals
This dish will make you fall in love with bacon all over again. #SixDegreesOfCandiedBacon
13
Space Taco with Pearled Egg Core
Dreamt up by an astronaut that had enough of freeze dried food. #Eggstraterestrial
9
Free Range Sixam Pit Beast
The suction cups contain bursts of tangy flavor. #EatOrBeEaten
1
Honeyed World Fruit Charcuterie
Fruit and honey are the best pairing to bring out the flavors of the finely sliced meat. #RazorThinMeats
18
Vertical Berry Cake
Layer after layer of berry flavor. #BerriedUnderLayers
11
Volcano Pasta
Melted cheese at just the right temperature to not burn your mouth. #UnbeLAVAble

KOLEKSI BARU
ada koleksi baru pada GP ini bernama Experimental Food Photos Collection. foto-foto ini bisa dikoleksi dengan cara mengambil foto dari makanan eksperimental yang bsa ditemukan di restoran. ada 20 foto yang bisa kamu koleksi, dimana foto tersebut bisa kamu pajang di dinding atau dijual dengan harga §10 simoleons per foto. bisa juga foto yang kamu ambil ini dibagikan ke simstagram melalui handphone sims kamu. mengambil foto koleksi ini bisa meningkatkan skill gourmet cooking sims kamu.

berikut adalah daftar 20 koleksi terbaru GP ini:

Gambar
Nama
Deskripsi
18
Vanilla Sea Shells and Chocolate Caviar
A perfect mix of the classic flavors. #TeamVanilla or #TeamChocolate
13
Semi-Firm Beet Noodles
A bit beyond al dente but it works for this vegetarian dish. #JustBeetIt
7
Glazed Heirloom Bamboo Roll
A delightful departure from the flavor of raw bamboo. It was probably taken too far for the panda at heart. #Bamboozled
2
Crystallized Coco Blocks
Its tempting to build walls and structures with these little cubes. Don't forget to experience the taste. #PlayingWithMyFood
3
Cubed Ahi with Veggie Wasabi Matrix
The chef's homage to the amazingly streamlined shape of the wild tuna. #OpporTunatySiezed
14
Sizzled Brisket over Sour Clover Salad
Sizzling until the last bite. #TastyBiteOfLuck
10
Jungle Moss Egg with Lavender Wisps
Served without unnecessary humidity and bugs. #CulinarySafari
1
Artisan Fish Trio
A fresh sampling of the most skilled fish in the sea. #JustForTheHalibut
17
Tiger Shrimp in Smoked Dewdrop Broth
The flavor of these tasty shrimp leaps out and attacks the tongue. #CrouchingTigerHiddenFlavor
16
Spherized Fruit Gel in Foam Nest
The gels are concentrated fruit flavor balanced well with a neutral foam palette cleanser. #NestedFlavor
8
Honeycomb Garden Vegetable Cups
Delicate cups of veggie goodness, each celebrating its own flavor from the garden. #HiveFive
6
Glacier Infused Iceberg Lettuce
Caution, can cause ice cream headaches without the ice cream. #IcebergAhead
11
Rustic Pâté Drizzled in Aged Jus
A single bite will take your mouth on a country holiday. #ReadyToPate
4
Cured Meat Crisps on Reclaimed Forest Wood
Flavor sealed in by the solar curing process really pops when bitten into. #EcoFriendly
12
Savory Bacon Love Petals
This dish will make you fall in love with bacon all over again. #SixDegreesOfCandiedBacon
15
Space Taco with Pearled Egg Core
Dreamt up by an astronaut that had enough of freeze dried food. #Eggstraterestrial
5
Free Range Sixam Pit Beast
The suction cups contain bursts of tangy flavor. #EatOrBeEaten
9
Honeyed World Fruit Charcuterie
Fruit and honey are the best pairing to bring out the flavors of the finely sliced meat. #RazorThinMeats
19
Vertical Berry Cake
Layer after layer of berry flavor. #BerriedUnderLayers

20
Volcano Pasta
Melted cheese at just the right temperature to not burn your mouth. #UnbeLAVAble

STASIUN RADIO BARU
ada stasiun radio baru bernama Jazz dengan 5 lagu baru

UPDATE

setelah ditambahkan toddler di sims 4 patch bulan Januari 2017 lalu, kamu pun bisa membawa toddler ke restoran dengan sedikit trik. agar toddler bisa duduk dan ikut bergabung duduk di meja dengan keluarganya, kamu harus mengedit restoran agar kursi yang akan diduduki toddler diganti dengan kursi khusus toddler. setelah itu pilihlah meja restoran yang ada kursi toddler nya dan bawa toddler yang sedang berada di tempat penitipan anak (daycare) ke restoran tersebut. duduk-kan toddler di kursinya dan berikan atau suapi toddler dengan makanan yang kamu pesan. sebelum berangkat ke restoran sebaiknya kamu membawa tablet permainan agar toddler tidak bosan selama di restoran. jika kamu tidak membawanya, setelah makanannya selesai, toddler bisa berlari-lari di sekitar restoran yang membuat petugas dan tamu restoran lain merasa terganggu.

nah sekian dulu pos saya kali ini. mohon maaf jika ada kesalahan. sumber dari pos ini dan foto-fotonya saya ambil dari simsvipsimscommunity, dan carls sims guide . mudah-mudahan pos ini bermanfaat bagi teman-teman. 

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.