Cara Instal dan Menggunakan Pose di Sims 4


halo. berhubung masih ada yang suka nanya tentang cara pake pose di sims 4, maka pos kali ini saya dedikasikan untuk segala hal yang berkaitan dengan pose.

pose adalah gaya atau sikap yang ditampilkan ketika dipotret atau dilukis (KBBI). dalam hal ini, di sims 4 berarti gaya yang ditampilkan oleh sims ketika kamu mengambil screenshot dari game sims 4 kamu. secara garis besar, ada 3 jenis pose yang tersedia di sims 4, yaitu pose in game, pose cas, dan andrew pose player. walaupun memiliki jenis yang berbeda, cara menginstalnya ketiganya sama, yaitu dengan meletakkan file [namapose].package di Documents > Electronic Arts > Sims 4 > Mods. yup, cara menginstal pose ini sama dengan cara menginstal mod dan cc pada umumnya. jika kamu masih ragu, kamu bisa melihat detail cara menginstal cc pose dengan gambar disini.

berikut adalah penjelasan dari masing-masing pose dan bagaimana cara menggunakan pose tersebut:
POSE IN GAME DEFAULT
pose in game default adalah pose baru yang dibuat oleh creator dengan cara menggantikan default pose yang sudah disediakan Maxis/EA dalam interaksi sims. setelah kamu memasukkan file pose ke folder mods, maka pose akan langsung berfungsi di game kamu. contohnya bisa kamu lihat dibawah ini dimana Sim B yang seharusnya melakukan share secret (membagikan rahasia) kepada Sim A justru malah menggendong Sim A. jika kamu ingin kembali ke interaksi default Maxis/EA, kamu cukup menghapus file pose di folder mod kamu atau memindahkan file pose ke folder backup.
catatan: sehubungan dengan sudah ditemukannya mod Andrew Pose Player dan Teleport, pose ini sudah ditinggalkan oleh para pembuat pose karena sudah ada pose yang lebih mudah dilakukan tanpa harus memodifikasi pose default dari Maxis/EA.
ANDREW POSE PLAYER
andrew pose player adalah mod yang digunakan untuk menampilkan pose didalam permainan sims 4. untuk cara penggunaannya andrew pose player ini, sudah saya tulis lengkap di artikel rekomendasi mod pose disini lengkap dengan penggunaan mod teleport any sim yang bisa kamu gunakan untuk membuat pose dengan 2 sims atau lebih. berbeda dengan pose CAS atau IN GAME DEFAULT yang begitu kamu download pose dan letakkan di folder mods, maka pose akan langsung muncul di permainan, agar pose andrew bisa berfungsi di game kamu, kamu harus melakukan beberapa langkah yaitu download pose yang kompatibel dengan mod andrew pose player dan memasukkannya ke folder mods, kemudian kamu juga harus download dan instal mod andrew pose player dan teleport any sim.

salah satu bentuk contoh pose yang menggunakan andrew pose player dan teleport any sim bisa dilihat di gambar dibawah ini.

POSE CAS
pose CAS adalah pose yang ditampilkan di Create-A-Sim Mode dimana animasi pose default traits yang disediakan Maxis/EA digantikan oleh pose baru yang dibuat oleh creator. setelah kamu memasukkan file pose ke folder mods, maka pose akan langsung berfungsi di game kamu di CAS Mode. berikut adalah contoh pose yang menggunakan pose cas:

dari gambar diatas terlihat bahwa sim yang memilih trait genius yang seharusnya menampilkan pose gambar kiri justru menampilkan pose modifikasi baru yang terlihat di gambar sebelah kanan. jika kamu ingin kembali ke pose Maxis/EA default, kamu cukup menghapus file pose di folder mod kamu atau memindahkan file pose ke folder backup.
catatan: gunakan cheat casclockspeed x (ganti x dengan angka rentang 1-10 dengan 0 sama dengan pause, disarankan di kisaran 0.1 - 0.9) agar sim kamu bergerak lebih lambat dan kamu bisa mengambil foto sims kamu tanpa terburu-buru. ingat, masukkan cheat ini ketika kamu berada di Live Mode (sedang dalam permainan) sebelum masuk ke CAS Mode. baca catatan lengkap cheat sims 4 disini.
CARA MEMBEDAKAN POSE UNTUK IN GAME DEFAULT, CAS, & ANDREW


tidak ada trik khusus untuk membedakan file pose untuk CAS, Andrew, ataupun IN GAME DEFAULT. yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan catatan pembuat pose sebelum kamu men-download-nya. pose yang ada tulisan CAS lengkap dengan nama trait dimana animasi trait itu akan diganti dengan animasi pose yang baru adalah pose yang akan muncul di CAS Mode. sedangkan pose dengan tulisan interaksi (contoh diatas: friendly_share secret) termasuk pose IN GAME DEFAULT yang berfungsi untuk menggantikan interaksi, dalam contoh ini, menggantikan interaksi share secret menjadi interaksi baru dan terakhir, pose dengan tulisan Andrew Pose Player adalah pose yang memerlukan mod untuk memunculkan pose didalam permainan. berbeda dengan pose in game default yang menggantikan interaksi default dengan interaksi baru, pose yang menggunakan mod andrew ini tidak menggantikan interaksi default manapun sehingga pose ini lebih sering digunakan oleh pembuat pose.

untuk membantu kamu ingat file pose yang kamu download berfungsi sebagai pose yang mana, kamu bisa mengganti nama file pose sesuai dengan yang kamu inginkan agar mudah mengingat pose mana untuk apa. pose tetap akan bekerja dengan baik walaupun kamu mengganti nama file pose. gambar dibawah adalah contoh beberapa pose yang saya miliki yang sudah saya buat ulang namanya agar mudah saya kenali.


p.s.
yang nanya cara bikin background CAS jadi putih kayak profil saya bisa download mod nya disini. setelah download, pilih salah satu warna yang kamu mau (dalam contoh ini solid white, jangan masukkan semua file ya) plus mod blob_remover, masukkan ke folder mods (karena ini tipe file modnya adalah package, jadi boleh dimasukkan ke subfolder), dan otomatis ketika kamu buka CAS Mode, backgroundnya akan langsung berganti warna sesuai dengan warna yang kamu pilih.

sekian dulu pembahasan saya tentang pose. untuk teman-teman yang tertarik melihat beberapa rekomendasi pose bisa dilihat disini. mudah-mudahan pos ini bermanfaat ya.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.