The Sims 4 Spa Day Guide


halo.berikut adalah panduan GP untuk Outdoor Retreat yang keluar 14 Juli 2015 lalu. tonton trailer tentang GP ini disini.


OBJEK CREATE A SIM (CAS) BARU
TEEN-ELDER FEMININE
5 rambut baru, 1 aksesoris rambut, 8 atasan, 6 bawahan, 3 baju terusan, 1 aksesoris, 5 pasang sepatu, dan 1 styled looks
TEEN-ELDER MASCULINE
3 rambut baru, 1 aksesoris rambut, 8 atasan, 6 bawahan, 1 baju terusan, 1 aksesoris, 3 pasang sepatu, dan 3 styled looks
CHILD FEMININE - MASCULINE
1 aksesoris rambut baru, 1 atasan, 1 bawahan, dan 1 baju terusan
cek objek CAS lengkap untuk GP ini disini
STASIUN RADIO BARU
ada stasiun radio baru bernama New Age dengan 8 lagu baru

SKILL BARU
Wellness Skill
skill wellness (kesehatan, berlaku untuk sehat fisik dan mental) adalah fitur utama dari GP ini. skill ini bisa didapat melalui membaca buku tentang wellness, melakukan yoga, meditasi, dan pijat (massage). sims dengan level wellness yang tinggi dapat melakukan gerakan pose yoga yang terkunci, pijatan yang bagus, dan keuntungan lainnya yang akan lebih dijelaskan dibawah. skill ini bisa kamu lakukan dengan berkunjung ke venue baru bernama spa atau membeli peralatan spa dan melakukannya di rumah.

berikut adalah daftar perkembangan skill setiap kali naik level:
Skill Wellness Level 1 – Membuat sims bisa melakukan beberapa pose yoga, bermeditasi, dan memberikan pijatan. semakin tinggi level wellness, maka semakin banyak variasi pose yoga, pijatan, resep, dan interaksi sosial yang terbuka.
Skill Wellness Level 2 – Sims sekarang bisa melakukan diskusi Cognitive Focusing Methods, memanggang kue Sugar Free Carob Coconut, dan melakukan pose perahu di yoga.
Skill Wellness Level 3 – Sims sekarang bisa memberikan pijatan aromaterapi dan melakukan pose segitiga di yoga.
Skill Wellness Level 4 – Sims sekarang bisa memberikan tips relaksasi mental dan melakukan pose pohon di yoga.
Skill Wellness Level 5 – Sims sekarang bisa memberikan pijatan Deep Tissue, melakukan pose warrior (pejuang) di yoga, dan melayang di udara ketika melakukan meditasi.
Skill Wellness Level 6 – Sims sekarang bisa memberikan pijatan olahraga (sports), menyarankan teknik Visualization, dan melakukan pose Lord of The Dance di yoga.
Skill Wellness Level 7 – Sims sekarang bisa teleport (berpindah tempat) ketika sedang melayang, membuat salad superfood, dan melakukan pose jembatan di yoga.
Skill Wellness Level 8 – Sims sekarang bisa memberikan pijatan Stone, merekomendasikan olahraga Self Estreem, dan melakukan pose handstand di yoga.
Skill Wellness Level 9 – Sims sekarang bisa memberikan pijatan untuk kesuburan (fertility).
Skill Wellness Level 10 – Sims sekarang bisa membuat Lemon Honey Ginger Detox Tea dan berbagi rahasia detoks.

MEDITATION
Meditasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan sims untuk meningkatkan skill wellness sambil menjaga ketenangan pikiran sims. sims yang mencapai kondisi ketenangan dalam bermeditasi akan merasakan pengalaman zen state. kondisi ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi sims dan juga membuka kemampuan untuk melayang di udara ketika bermeditasi. untuk bisa bermeditasi, sims memerlukan peralatan bangku meditasi (meditation stool) yang bisa disimpan di inventori dan dibawa kemanapun sims pergi.


ketika berada dalam zen state, sims memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk meningkatkan skill lainnya, meningkatkan hubungannya, menemukan maaf untuk musuhnya, dan memikirkan ide-ide yang dapat meningkatkan performa di sekolah atau di pekerjaan. berikut adalah keuntungan lain yang bisa sims kamu dapatkan dari meditasi:

Teleporting - berpindah tempat
jika kamu sudah mencapai level 7 skill wellness dan sedang berada di keadaan melayang ketika bermeditasi kamu bisa teleport kemana saja cukup dengan mengklik area tanah tempat kamu ingin berpindah atau mengklik sims kamu yang sedang bermeditasi. kamu juga bisa teleport ke hidden lot yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya.
Pausing Motive Decay - menghentikan penurunan kebutuhan
sims yang mencapai zen state dengan skill wellness yang tinggi bisa menghentikan penurunan kebutuhan sims sehingga sims bisa melakukan relaksasi tanpa harus memenuhi kebutuhannya
catatan: jika kamu naik level ketika sedang melakukan meditasi, maka sims kamu harus membatalkan interaksi dan melakukan meditasi kembali agar bisa melakukan dua interaksi keuntungan diatas
MASSAGE
semua sims mulai dari usia remaja bisa memberikan dan menerima pijatan (massage) dari sims lain tanpa harus memiliki skill wellness. kualitas dari pijatan inilah yang dipengaruhi oleh skill wellness yang dapat memberikan moodlet positif atau negatif kepada sims tergantung siapa yang memberikan pijatan. pijatan ini sendiri memiliki 2 peralatan, yaitu kursi pijat (massage chair) untuk pijatan kaki dan tangan dan meja pijat (massage table) untuk pijatan punggung.


untuk mendapatkan pijatan, kamu bisa memintanya dari siapa saja yang berada di dekat sims kamu, walaupun sebaiknya sims mendapatkan pijatan dari ahlinya untuk memastikan mendapatkan kualitas dan hasil terbaik dari pijatan tersebut. untuk pijatan di punggung, sims bisa mendapatkan ahli Massage Therapist dan untuk pijatan tangan dan kaki, sims bisa mendapatkan ahli Reflexologist. sims bisa memesan jasa massage therapist melalui teleponnya jika memiliki meja pijat (massage table) di rumahnya. selama dipijat, sims juga bisa meningkatkan level persahatan dengan sims yang memijatnya.


berikut adalah daftar keuntungan dari setiap pijatan:
Level
Tipe Massage
Harga
Nama Boost
Efek
Waktu
3
Aromatherapy: Lavender
§140
Focusing Aroma
Focused +1
12 hours
3
Aromatherapy: Lotus Blossom
§140
Confident Aroma
Confident +1
12 hours
3
Aromatherapy: Mint and Rosemary
§140
Energizing Aroma
Energized +1
12 hours
3
Aromatherapy: Ylang Ylang
§140
Inspirational Aroma
Inspired +1
12 hours
5
Deep Tissue Massage
§180
Deeply Relaxed
Happy +1
24 hours
6
Sports Massage
§230
Prepped for Fitness
Energized +1
12 hours
8
Stone Massage
§300
Hot and Happy
Happy +1
24 hours
9
Fertility Massage (khusus sims perempuan untuk mendapatkan anak kembar dua atau tiga)
§380
Fertility Boost
Happy +1
12 hours
-
Swedish Massage
§120
Relaxing Massage
Happy +1
12 hours
-
Foot Massage
§40
Soleful Rub
Happy +3
6 hours
-
Hand Massage
§40
Handtabulous Massage
Happy +2
4 hours

YOGA
Yoga adalah salah satu cara untuk meningkatkan skill. melakukan yoga tidak hanya meningkat skill wellness, tetapi juga meningkatkan skill atletik sims dan mendapatkan moodlet focused yang dapat meningkatkan performa. untuk melakukan yoga, kamu memerlukan matras yoga yang bisa dibeli di Buy Mode dan bisa dibawa sims kemana saja. sesekali, jika sims kamu sedang dalam keadaan tidak beruntung, sims bisa mendapatkan moodlet Bent Out of Shape selama 4 jam yang memberikan rasa tidak nyaman, akan tetapi lebih seringnya moodlet yang didapatkan dari yoga berefek positif.

ada 3 interaksi yang bisa dipilih dalam melakukan yoga, yaitu Pose, Practice, dan Routine. berikut adalah pose yang bisa dilakukan oleh sims kamu ketika melakukan yoga:
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
DESCRIPTION
melakukan practice (latihan) yoga dapat memberikan sims moodlet focused yang dapat membantu meningkatkan skill wellness lebih cepat sedangkan yoga routine memberikan boost (dorongan) emosi tergantung tipe routine yang kamu lakukan. kamu akan mendapatkan boost yang lebih lama jika kamu melakukan yoga routine dalam kelas yoga.

berikut adalah daftar yoga routine sekaligus perbandingan dilakukan sendiri atau di kelas yoga:
Yoga Routine
Kelas Yoga
Sendiri
Brain Boosting
12h +2 Inspired Moodlet
8h +1 Inspired
Energy Centering
12h +2 Energized Moodlet
8h +1 Energized
Mind Concentrating
12h +2 Focused Moodlet
8h +1 Focused

kelas yoga bisa sims kamu dapatkan jika mereka mengunjungi lot dengan venue spa atau di lgym yang memiliki matras yoga untuk kelas yoga. biasanya ketika sedang berada di spa atau gym, ada notifikasi yang mengatakan akan diadakan kelas yoga yang dimulai 30 menit setelah pengumuman. kamu bisa mendaftar (join) kelas yoga dengan mengklik instruktur yoga yang memiliki icon pink di atas kepalanya. 
contoh instruktur yoga dimana lambang pink diatas kepala hanya muncul selama 30 menut ketika pendaftaran kelas yoga dibuka

setelah mendaftar, sims akan berdiri di matras yoga yang kosong dan setelah semua sims yang mendaftar mengisi matras, maka kelas yoga akan dimulai. biasanya kelas yoga ini berlangsung selama 90 menit dimana kamu harus membayar §110 Simoleons ketika mendaftar. (sims tidak bisa bergabung ke kelas yoga yang sedang berlangsung). jika sedang tidak ada kelas yoga, sims kamu bisa berinteraksi dengan instruktur yoga dan meminta mereka untuk mengadakan kelas yoga saat itu juga.

jika kamu tidak suka dengan desain kelas yoga yang sudah ada, kamu bisa membangun kelas yoga sendiri sesuai yang kamu inginkan. belilah Instructor Zen Again Yoga Mat di Buy Mode seharga §140 Simoleons dan letakkan di dalam gym atau spa. setelah itu letakkan beberapa matras yoga biasa di sekitar cakupan area matras yoga instruktur. jika kamu meletakkan matras yoga instruktur ini di gym atau spa, maka akan ada NPC yang akan muncul sebagai intruktur kelas yoga.


INTERAKSI SOSIAL
ada interaksi sosial yang khusus muncul setelah sims memiliki skill wellness dimana interaksi ini biasanya dapat mempengaruhi mood sims dan memberikan moodlet emosi yang powerful. berikut adalah daftar interaksi tersebut:
Discuss Cognitive Focusing Methods - Level 2 Wellness. 4 jam +1 Focused Moodlet
Offer Mental Relaxation Techniques - Level 4 Wellness. 8 ham +2 Happy Moodlet
Suggest Visualization Techniques - Level 6 Wellness. 4 jam +2 Inspired Moodlet
Recommend Self-Esteem Exercises - Level 8 Wellness. 8 jam +2 Confident Moodlet

INTERAKSI BARU
Mud Bath & Body Soak
ada interaksi baru yang ditambahkan pada semua bak mandi yang sudah tersedia di sims 4 berupa mud bath (mandi lumpur) dan body soak (mandi berendam). interaksi baru ini bisa dilakukan pada sims mulai dari sims usia anak-anak sampai dewasa tua. pada beberapa sims, mandi lumpur bisa memberikan efek tidak nyaman. setiap kali sims melakukan mandi lumpur, bak mandi akan menjadi kotor dan harus dibersihkan.

berikut adalah daftar interaksi yang sims kamu bisa lakukan di bak mandi:
Bath Soak
Harga
Nama Boost
Efek
Waktu
Citrus Soak
§30
Lime and Shine
Focused +2
8 hours
Lavender Foam
§30
Relaxing Lavender
Happy +2
8 hours
Milk, Honey, and Oatmeal Soak
§30
BabySoft Skin
Happy +2
8 hours
Romantic Sandalwood
§30
Infatuating Scent
Flirty +2
8 hours
Sharpening Saffron
§30
Focusing Scent
Focused +1
8 hours
Soothing Sage
§30
Tension Relief Scent
Happy +1
8 hours
Mud Bath
§60
Mud is Magc
Confident +2
12 hours

The Sauna
sauna adalah objek yang menenangkan dengan tujuan utama untuk meringankan ketegangan pada sims. semua sims dari usia anak-anak bisa melakukan interaksi Relax. kamu bisa membeli sauna ini dari harga §2100 - §2300 Simoleons.


Sims dengan skill mischief level 5 bisa melakukan sabotase pada sauna dengan memilih interaksi sabotage the sauna with sulfur yang menyebabkan uap sauna berubah warna menjadi kekuning-kuningan dengan bau uap seperti telor busuk yang menyebabkan sims mendapatkan moodlet unconfortable selama 1 jam.

INTERAKSI WOOHOO BARU
Sauna Woohoo - interaksi woohoo/try for baby di dalam sauna (ingat, jangan sampai sims terlalu lama di dalam sauna)

KEMATIAN BARU
kematian baru yang disebabkan oleh terlalu lama berada di dalam sauna
kematian yang disebabkan karena berada di ruangan sauna yang penuh dengan uap dalam waktu lama ini hanya bisa dicapai jika sims kali berada didalam sauna 3x secara berturut-turut. pada saat pertama kali berada disauna, setelah 90 menit, sims kamu akan mendapatkan moodlet Happy +3 dan secara otomatis keluar dari ruangan sauna. jika kamu memerintahkan sims untuk sekali lagi masuk ke dalam sauna, maka sims akan mendapatkan moodlet Uncomfortable yang bertahan selama 8 jam dan secara otomatis keluar dari ruangan sauna untuk kedua kalinya. nah jika kamu paksa sims kamu untuk masuk sekali lagi, disinilah sims kamu akan menemukan ajalnya. sims hantu yang muncul dari kematian ini akan sangat panas dan selalu kekurangan akan cairan (dehidrasi). jika hantu ini bertemu dengan genangan air, hantu akan memiliki kemampuan untuk menyerap genangan air tersebut.

p.s. jika sims sedang terlibat pembicaraan dengan sims lain didalam sauna, maka mereka tidak akan keluar secara otomatis dari ruangan sauna, akan tetapi tetap akan menghasilkan kematian jika terlalu lama berada di dalam ruangan sauna.

RESEP BARU
ada beberapa pilihan baru makanan dari GP ini, dengan rincian sebagai berikut:
Gambar
Nama Resep
Level & Efek
Bisa Ditemukan
1
Sugar Free Carob Coconut Cake
Level 2
Wellness Skill
Happy +1
Oven
Fridge
2
Superfood Salad
Level 7
Wellness Skill
-
Fridge
3
Lemon Honey Ginger Detox Tea
Level 10
Wellness Skill
Focused +2
Personal Tea Brewer
4
Frizzy Fruity Drink
Level 2
Mixology Skill
atau
bisa ditemukan langsung di drink trays (nampan minuman) atau di bar minuman
Bars
Luxe Drink Tray

KOLEKSI BARU
ada beberapa koleksi ikan baru di GP ini, yaitu:
Gambar
Nama
Deskripsi
Lokasi
a
Cichlid
Umum
§7
Cichlids span in a wide range of body sizes. So no "one size" fits all for this kind.
Bisa ditemukan di Aquariums dan hampir di semua tempat memancing di sims.
b
Discus
Jarang
§14
Due to their distinctive shape and bright colors, Discus are popular as freshwater aquarium fish.
Bisa ditemukan di Aquariums, Sylvan Glades, dan Forgotten Grotto. Gunakan Rainbowfish sebagai umpan.
c
Exotic Goldfish
Jarang
§15
The fanciest of the goldfish family. Don't tell the other members we said that.
Bisa ditemukan di Aquariums.

VENUE BARU

ada tipe area baru bernama Spa dimana bangunan harus memiliki syarat dibawah ini untuk bisa disebut Spa:
4 Spa Equipment (peralatan spa)
1 Storage Locker (lemari loker)
1 Shower (tempat mandi dengan shower berdiri)
1 Toilet
1 Sink (wastafel)

LOT PRE-BUILD BARU
Spa Day GP ini juga mendapatkan 4 bangunan sudah jadi yang tersimpan di My Library, Gallery yaitu:
DESCRIPTION
Center of Center Massage
(Spa, 30×20, 2 kamar mandi)
DESCRIPTION
Perfect Balance Spa
(Spa, 30x20, 2 kamar mandi)
DESCRIPTION
Aham Ashram Yoga Studio
(Spa, 30x20, 2 kamar mandi)
DESCRIPTION
Luxe Health Club
(Gym, 30x20, 2 kamar mandi)

OBJEK BUILD MODE BARU
ada sekitar 121 objek baru untuk Build Mode
cek objek Build Mode lengkap untuk GP ini disini
OBJEK DENGAN GAMEPLAY BARU
Aquarium
aquarium adalah objek baru pada GP ini dengan beberapa interaksi baru yaitu Purchase Fish (membeli ikan tertentu langsung dari aquarium, ada 6 jenis ikan yang bisa dipilih), Fully Stock with Fish (mengisi aquarium dengan berbagai macam jenis ikan seharga §150 simoleons yang terdiri 6 ikan), dan Open (mengambil atau mengisi aquarium dengan ikan segar yang sims simpan di inventorinya). kamu bisa membeli objek ini dari harga §295 - §595 simoleons.

Incense
incense atau dupa adalah objek baru yang bisa digunakan untuk meningkatkan mood sims pada area tertentu dengan cara membakar dupa. ada 3 interaksi ketika mengklik objek ini, yaitu Light (menyalakan dupa), Smell (mencium aroma dupa), Put Out (memadamkan dupa). kamu bisa membeli objek ini seharga §95 - §165 simoleons.
picture credit for incense

berikut adalah daftar nama dupa yang bisa dibakar di GP ini:
Gambar
Nama
Harga
Nama Boost
Efek
20
Evocative Lemon
§20
Fresh Clean Scent
Inspired +2
21
Invigorating Cinnamon
§20
Energizing Scent
Energized +1
25
Peaceful Patchouli
§20
Cheerful Scent
Happy +1
23
Romantic Sandalwood
§20
Infatuating Scent
Flirty +2
22
Sharpening Saffron
§20
Focusing Scent
Focused +1
24
Soothing Sage
§20
Tension Relief Scent
Happy +1

aroma dari dupa yang habis dibakar dapat bertahan selama 2 jam dimana aroma ini hanya terbatas pada area dekat tempat dupa tersebut dibakar. jadi kamu harus memastikan sims kamu berada di dekat dupa ketika ingin mendapatkan efek yang maksimal dari dupa ini.

ROOM STYLE BARU

KONTEN GALERI BARU
konten baru yang diupload oleh the sims di gallery
nah sekian dulu pos saya kali ini. mohon maaf jika ada kesalahan. sumber dari pos ini dan foto-fotonya saya ambil dari simsvipsimscommunity, dan carls sims guide . mudah-mudahan pos ini bermanfaat bagi teman-teman.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.