The Sims 4 Parenthood Guide


halo. berikut adalah panduan GP untuk Parenthood yang keluar 30 Mei 2017 lalu. tonton trailer tentang GP ini disini.


OBJEK CREATE A SIM (CAS) BARU
TEEN-ELDER FEMININE
4 rambut baru, 6 atasan, 6 bawahan, 1 baju terusan, dan 3 styled looks
TEEN-ELDER MASCULINE
1 rambut baru, 2 facial hair, 5 atasan, 4 bawahan, 1 baju terusan, 1 aksesoris, dan 2 styled looks
CHILD FEMININE
2 rambut baru, 4 atasan, 3 bawahan, 4 baju terusan, 1 sepatu, dan 3 styled looks
CHILD MASCULINE
1 rambut baru, 3 atasan, 2 bawahan, 2 baju terusan, dan 2 styled looks
TODDLER FEMININE
2 baju terusan baru, 1 aksesoris, dan 1 styled looks
TODDLER MASCULINE
2 baju terusan baru dan 1 styled look
cek objek CAS lengkap untuk GP ini disini
DETAIL WAJAH BARU
ada detail wajah baru berupa jerawat (acne) yang bisa kamu gunakan di sims kamu berusia remaja sampai dewasa yang terdiri dari 3 macam jerawat. kamu bisa mendapatkan detail ini dengan membuka CAS Mode > Skin Details

ASPIRASI DAN TRAITS BARU
ada 1 aspirasi baru dengan 1 trait baru sebagai reward ketika berhasil menyelesaikan aspirasi yang ditambahkan di GP ini, yaitu:
baca daftar aspirasi lengkap sims 4 yang sudah diperbarui dengan GP ini disini

selain reward trait untuk yang berhasil menyelesaikan aspirasi baru, ada 17 traits lainnya yang ditambahkan pada GP ini dimana traits tersebut terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu:
baca daftar traits lengkap sims 4 yang sudah diperbarui dengan GP ini disini

PERSYARATAN BARU UNTUK KLUB
ada syarat baru yang bisa digunakan untuk membuat club yaitu memiliki skill parenting diatas level 2

OBJEK BUILD MODE BARU 
ada sekitar 93 objek baru untuk Build Mode
cek objek Build Mode lengkap untuk GP ini disini
OBJEK DENGAN GAMEPLAY BARU
Family Bulletin Board
ada objek interaktif baru bernama Family Bulletin Board atau papan buletin keluarga dimana objek ini bisa diletakkan dimana saja dan bisa kamu beli seharga §125 simoleons. The Sims 4 Parenthood introduces a new interactive object called the “Family Bulletin Board”. berikut adalah daftar interaksi baru yang bisa dilakukan dengan mengklik papan buletin ini:
Write Note For : sim bisa meninggalkan catatan random untuk anggota keluarganya yang lain. sims juga bisa meninggalkan catatan terkait mood mereka ketika sedang mengalami perubahan emosi
Read Note : sim bisa membaca catatan random yang ada di papan buletin termasuk catatan yang tidak ditujukan pada sim tersebut
Create Drawing : sim yang berusia remaja atau lebih tua bisa meninggalkan gambar (ada 5 jenis gambar yang bisa dipilih) di papan buletin
Add Inventory Drawing : sim yang berusia anak-anak bisa meninggalkan gambar dari inventorinya ke papan buletin
Look at Drawing : sim bisa melihat semua gambar yang ditempel di papan buletin
Clear Bulletin Board : membersihkan semua catatan dan gambar dari papan buletin
Set Curfew (khusus sim dewasa) : sims yang sudah dewasa bisa mengatur jam malam untuk sims yang berusia dibawah umur di rumahnya dimana jam malam yang bisa dipilih adalah jam 7 malam, 9 malam, dan 11 malam. warna jam yang ada di papan buletin akan berubah warna mendekati jam malam dimana warna kuning berarti anak sudah ada di rumah, oranye berarti sudah hampir jam malam, dan merah berarti anak belum pulang walaupun sudah melewati jam malam sehingga orang tua bisa memberikan hukuman terhadap anak yang melanggar jam malam
Remove Curfew (khusus sim dewasa) : menghapus jam malam

Private Journal
ada pula objek baru bernama jurnal pribadi yang bisa digunakan oleh sims berusia anak-anak atau lebih besar. jurnal ini bisa dibeli seharga §28 simoleons dan bisa digunakan untuk mencurahkan perasaan sim ke atas kertas. ada banyak moodlet baru yang terkait interaksi baru yang muncul dari objek ini, yaitu:
Write in Journal : menulis jurnal yang bisa bisa dilakukan dari sims berusia anak-anak
Express Melancholy Thoughts : mengekspresikan pemikiran melankolis dimana interaksi ini muncul jika sims sedang merasa sedih
Scribble Furiously : mencoret-coret dengan marah dimana interaksi ini muncul jika sims sedang merasa marah
Rant about Stress : curhat tentang stress dimana interaksi ini muncul jika sims sedang merasa tegang (tense)
Confess Embarrassing Moments : curhat tentang momen melakukan dimana interaksi ini muncul jika sims sedang merasa malu
Encourage Writing In Journal (khusus sim dewasa) : mendorong sims lain untuk menulis jurnal dimana interaksi ini muncul jika sims tersebut melakukan tingkah laku yang kurang menyenangkan
Relive Memories : membaca ulang jurnal dan membuat sims mengenang kembali isi jurnal. sims kamu bisa mendapatkan moodlet random tergantung bagian jurnal yang dibaca
Snoop in Journal : mengintip jurnal milik sims lain
Catch a Sim Snooping in Journal : menangkap basah sim yang sedang mengintip jurnal milik sims lain

Activity Table, Build Blocks Table, & Doctor Playset
ada meja aktivitas model baru yang memiliki fungsi sama dengan activity table lainnya, yaitu meningkatkan skill kreativitas anak dan bisa dibeli seharga §300 simoleons. ada pula objek baru bernama build blocks table (meja membangun blok) yang bisa dibeli seharga §320 simoleons yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan anggota keluarga lain dan doctor playset (set dokter-dokteran) yang bisa dibeli seharga §90 simoleons yang bisa meningkatkan skill mental anak dan character value emphaty anak.

School Projects
dan objek terakhir adalah school projects atau proyek sekolah yang bisa didapatkan dengan 2 cara yaitu membelinya di Buy Mode dari kisaran harga §100 - §300 simoleons atau secara acak dibawa anak ketika ia pulang sekolah. menyelesaikan proyek ini akan memberikan kredit tambahan untuk performa sekolah anak dan meningkatkan skill tergantung tipe proyek sekolah yang dikerjakan. khusus untuk toddlers, mereka memiliki interaksi destroy school project (menghancurkan proyek sekolah). ada 7 tipe proyek sekolah yang bisa dikerjakan oleh anak, baik yang berusia anak-anak maupun remaja, dimana mereka bisa memilih mengerjakan proyek ini secara hati-hati (carefully) atau secara serampangan (sloppily). cara pengerjaan ini ditambahkan dengan faktor lain menentukan hasil akhir kualitas proyek ini, apakah buruk (poor), good (bagus), ataupun excellent (sangat bagus).

berikut adalah daftar proyek sekolah yang bisa dilakukan oleh anak bersama anggota keluarganya yang lain:

Electricity Experiments (direkomendasikan untuk remaja) : proyek ini meningkatkan skill mental (children) dan skill handiness (teens/adults). ketika selesai, proyek ini bisa diaktivasi.
Air Pressure Rocketry (direkomendasikan untuk remaja) : proyek ini meningkatkan skill mental (children) dan skill rocket science (teens/adults). ketika selesai, proyek ini bisa diaktivasi.
Robotics (direkomendasikan untuk remaja) : proyek ini meningkatkan skill mental (children) dan skill programming (teens/adults). ketika selesai, proyek ini bisa diaktivasi.
Construct-a-Bridge (direkomendasikan untuk remaja) : proyek ini meningkatkan skill mental (children) dan skill logic (teens/adults).


Chemical Reaction Volcano (direkomendasikan untuk anak-anak) : proyek ini meningkatkan skill mental (children) dan skill logic (teens/adults). ketika selesai, proyek ini bisa diaktivasi.
Solar System (direkomendasikan untuk anak-anak) : proyek ini meningkatkan skill mental (children) dan skill rocket science (teens/adults).
Medieval Castle Diorama (direkomendasikan untuk anak-anak) : proyek ini meningkatkan skill creativity (children) dan skill painting (teens/adults).

untuk beberapa proyek, seperti dicantumkan diatas, jika sims sudah berhasil menyelesaikannya dapat mengaktivasi protek tersebut dan menunjukkan efek spesial khusus proyek tersebut.

ROOM STYLE BARU

KONTEN GALERI BARU
konten baru yang diupload oleh the sims di gallery

RELATIONSHIP BARU

GP ini menambahkan banyak tipe hubungan baru antara sims dimana hubungan ini berkaitan dengan hubungan dengan orang tua, kakek-nenek, dan saudara. hubungan baru ini baru muncul setelah sims berusia young adult (dewasa muda) dimana hubungan tersebut bisa berbentuk negatif, positif, atau netral yang dipengaruhi oleh masa kecilnya dan bagaimana sims diperlakukan oleh keluarganya. orang tua yang santai cenderung akan memiliki hubungan yang positif dengan anaknya di masa depan dan orang tua yang otoriter cenderung memiliki hubungan yang negatif. ada interaksi baru yang bisa dilakukan sims terkait bentuk hubungannya tersebut, misalnya sims yang memiliki hubungan yang positif dengan keluarganya, bisa mengirimkan hadiah ke keluarganya.

berikut adalah 28 tipe hubungan baru yang didapat dari GP ini:
keterangan: paling baik (great) > baik (best) > netral (neutral) > buruk (negative)

Guided Child – Hubungan paling baik dengan orang tua yang otoriter.
Respected Heir – Hubungan baik dengan orang tua yang otoriter.
Obedient Child – Hubungan netral dengan orang tua yang otoriter.
Repressed Child – Hubungan buruk dengan orang tua yang otoriter.

Provided Happy Childhood – Hubungan paling baik dengan orang tua yang santai.
Mommy’s/Daddy’s Boy/Girl – Hubungan baik dengan orang tua yang santai.
Parented Passively – Hubungan netral dengan orang tua yang santai.
Unhappy Child – Hubungan buruk dengan orang tua yang santai.

The Best Lil’ Boo – Hubungan paling baik dengan cucu.
Grandkiddy – Hubungan netral dengan cucu.
Grumpchild – Hubungan buruk dengan cucu.
World’s Best Grandpa/Grandma – Hubungan paling baik dengan kakek-nenek.
Plain Ol’ Gramps/Gran – Hubungan netral dengan kakek-nenek.
The Grumps – Hubungan buruk dengan kakek-nenek.

Grateful Guide – Hubungan paling baik dengan banyak pendisiplinan.
Happy Childhood – Hubungan paling baik dengan sedikit pendisiplinan.
Oh Captain, My Captain – Hubungan baik dengan banyak pendisiplinan.
Daddy/Mommy Dearest – Hubungan baik dengan sedikit pendisiplinan.
Commanding Presence – Hubungan netral dengan banyak pendisiplinan.
Passive Parent – Hubungan netral dengan sedikit pendisiplinan.
Punishing Parent – Hubungan buruk dengan banyak pendisiplinan.
Unhelpful Parent – Hubungan buruk dengan sedikit pendisiplinan.

Thick as Thieves – Hubungan paling baik dengan saudara yang saling bersaing.
Family Frenemy – Hubungan netral dengan saudara yang saling bersaing.
Childhood Tormentor – Hubungan buruk dengan saudara yang saling bersaing.
Super Siblings – Hubungan paling baik dengan saudara yang saling membantu.
Childhood Buds – Hubungan netral dengan saudara yang saling membantu.
Childhood Enemies – Hubungan buruk dengan saudara yang saling membantu

CHARACTER VALUES
Character Values adalah sistem tingkah laku yang menentukan kemampuan sims untuk menyesuaikan diri secara efektif di kehidupan sehari-harinya. menurut arti per kata, character values berarti nilai karakter dimana dalam hal ini berarti nilai atau prinsip yang dimiliki oleh setiap individu. pada sims 4, value ini dimulai dari tahap perkembangan toddlers sampai remaja. setelah mencapai tahap perkembangan dewasa muda (young adult) value ini sudah tersimpan di dalam diri sims dan menyebabkan mereka mendapatkan traits baru sesuai dengan value yang mereka miliki dan kembangkan sampai usia remaja.

character value bisa dilihat dari jendela simology
ada 5 jenis character value yang bisa bernilai positif dan negatif tergantung tingkah laku yang dilakukan sims dari usia toddlers sampai remaja dan tingkah laku orang tuanya. kelima value tersebut adalah Manners (budi pekerti), Responsibility (tanggung jawab), Conflict Resolution (penyelesaian konflik), Empathy (empati), and Emotional Control (kontrol emosi). kelima value ini sangat tergantung dari cara orang tua mengasuh anaknya, perubahan mood anak, fase tertentu yang dialami di masa pertumbuhan sims, dan interaksi sosial yang dilakukan oleh sims anak yang bisa menentukan tipe sims seperti apa sims anak-anak yang sedang dirawat ketika kelak sudah menjadi sims dewasa. 

penjelasan yang diberikan untuk setiap jenis character value
seperti yang bisa kamu lihat dari gambar diatas, setiap character values memiliki 1 trait positif dan 1 trait negatif yang akan didapatkan oleh sims ketika mereka berusia dewasa muda (young adult). 
traits yang didapat dari character values inilah yang disebut inherited traits (traits yang diwariskan). setiap sims mendapatkan 1 trait dari masing-masing character values ketika nilai character value nya sudah mencapai bagian yang lingkaran yang gelap (sekitar 90%). character values ini baru terkunci ketika anak sudah mencapai usia young adult sehingga kamu harus tetap memperhatikan character values ini sampai anak berusia remaja karena meteran character values ini akan selalu bertambah atau berkurang tergantung tingkah laku yang dilakukan anak dan orang tuanya.

tergantung dari traits yang sudah dimiliki oleh sims dari awal, mereka bisa saja sudah memiliki character value bernilai positif atau negatif dari awal. misalnya sims dengan trait neat akan memiliki value manners bernilai positif, sedangkan sims yang memiliki trait mean atau evil akan memiliki value empathy bernilai negatif. walaupun character values bisa dipengaruhi traits, yang paling mempengaruhi value ini tetaplah tingkah laku yang dilakukan oleh sims. orang tua bisa mempengaruhi anaknya dalam untuk tetap melakukan suatu tingkah laku dengan pendekatan positif seperti pujian dan dorongan dan lakukan pendekatan negatif seperti hukuman dan disiplin untuk mendorong anak untuk tidak melakukan suatu tingkah laku. 


tingkah laku mana yang ingin sims kamu kembangkan untuk anaknya benar-benar terserah pada kamu, jika kamu ingin anak sims kamu menjadi anak yang baik maka kamu bisa mengarahkan character values nya ke arah positif dan sebaliknya, arahkan character values ke arah negatif jika ingin anak sims kamu menjadi anak yang jahat, atau kamu ingin membuat karakter anak sims kamu lebih berwarna dengan mengarahkan character values sehingga ada yang bernilai positif dan ada yang bernilai negatif (because perfect is boring right? :P)

berikut adalah penjelasan tingkah laku mana yang mendorong setiap character values dan trait reward yang didapatkan:
MANNERS VALUE
Behaviors
  1. Memiliki trait Neat
  2. Melakukan interaksi berupa Friendly Introductions
  3. Mengatur meja makan
  4. Mencuci piring kotor
  5. Memberikan pujian (compliments)
  6. Orang tua mengajarkan Say Please dan Thank You
  • Memiliki trait Slob
  • Bersendawa dan kentut sembarangan
  • Mengumpat
  • Melakukan interaksi berupa Rude Introductions
  • Toddlers membuka bajunya di depan orang asing
Reward Trait
Good Manners
Berbudi Pekerti yang Baik
Bad Manners
Tidak Berbudi Pekerti
Sims dengan trait ini tidak akan melakukan interaksi yang menjijikkan, setidaknya tidak di depan orang lain. Mereka juga akan memiliki interaksi baru yaitu Polite Introduction (memperkenalkan diri dengan sopan) dan lebih cepat 50% dalam meningkatkan hubungan pertemanan.
Sims dengan trait ini bisa saja mencoba untuk bersikap bersahabat, akan tetapi lebih sering gagal dalam melakukannya. Mereka juga sering melakukan tingkah laku yang tidak sopan, mengumpat, malas mencuci tangan, dan tidak pernah mau mencuci piring.
RESPONSIBILITY VALUE
Behaviors
  • Memiliki trait Perfectionist
  • Menyelesaikan proyek sekolah
  • Mengerjakan pekerjaan rumah
  • Mendapatkan nilai yang bagus di sekolah
  • Membuat bekal makan siang
  • Memiliki performa yang baik di pekerjaan part-time
  • Membuang sampah di dalam rumah
  • Menyikat gigi
  • Memperbaiki objek-objek yang rusak
  • Merapikan mainan di toybox
  • Merapikan rumah yang berantakan
  • Orang tua membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah
  • Memiliki trait Childish
  • Mendapatkan nilai yang buruk di sekolah
  • Bolos dari sekolah atau pekerjaan part-time
  • Berhenti dari pekerjaan part-time
  • Membuat rumah berantakan
  • Bermain di toiler
  • Tidak mematuhi aturan
  • Melanggar jam malam
Reward Trait
Responsible
Bertanggung Jawab
Irresponsible
Tidak Bertanggung Jawab
Sims dengan trait ini melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dan dapat mengajarkan sims anak-anak dan remaja cara untuk menjadi bertanggung jawab. Mereka juga akan bekerja lebih keras dan tidak mudah menjadi stress karena pekerjaannya tersebut.
Sims dengan trait ini tidak nyaman dengan pekerjaannya tetapi sangat senang bermalas-malasan dan mengabaikan tagihannya. Mereka bisa saja menghadapi situasi atau tantangan baru ketika sedang melakukan pekerjaannya.
EMOTIONAL CONTROL VALUE
Behaviors
  • Memiliki trait Self-Assured
  • Menulis jurnal
  • Melakukan Jog to Clear Mind, mendengarkan music Classic to Wind Down, dan bermain instrumen dengan penuh penghayatan ketika berada di mood negatif
  • Bermain dengan emosi dan menulis blog terkait perasaan sims ketika berada di mood negatif


  • Memiliki trait Jealous atau Insane
  • Mengalami gangguan emosional (emotional breakdown)
  • Mendorong sims lain
  • Memukul sims lain
  • Menghancurkan rumah boneka
  • Menghancurkan proyek sekolah 
  • Menggigit sims lain (khusus untuk toddlers)
Reward Trait
Emotional Control
Emosi yang Terkontrol
Uncontrolled Emotions
Emosi yang Tidak Terkontrol
Sims dengan trait ini dapat menghilangkan mood negatif dengan jogging, mendengarkan musik tertentu, menulis blog di komputer, atau memainkan instrument musik. Secara keseluruhan, emosi negatif akan lebih mudah hilang pada sims dengan trait ini.
Sims dengan trait ini tidak akan bisa menghilangkan emosi negatifnya secepat sims lain (lebih lambat 40%), bahkan jika emosi negatifnya terlalu kuat, sims bisa mengalami emotional meltdown (tenggelam dalam emosi).
EMPATHY VALUE
Behaviors
  • Memiliki trait Good
  • Menjadi sukarelawan sekeluarga
  • Bermain dengan Doctor Playset
  • Menanyakan mood negatif
  • Memiliki interaksi menenangkan, menyemangati, atau menghibur untuk sims yang mengalami kematian sim terdekatnya


  • Memiliki trait Mean atau Evil
  • Melakukan interaksi mean (kejam)
  • Berteriak ke sims lain
  • Membuat pos provokatif (trolling) di komputer
  • Memukul boneka binatang
  • Menertawakan momen memalukan sims lain
  • Mengejek kesedihan sims lain
  • Menganggap remeh rasa marah, stress, dan momen canggung
Reward Trait
Compassionate
Penyayang
Insensitive
Tidak Peka
Sims dengan trait ini dapat membantu sims lain untuk menghilangkan emosi negatifnya. Mereka juga bisa berempati dengan sims lain dengan berbagi beban emosional (sharing emotional burdens). Akan tetapi, sims akan merasa stress jika diperlakukan dengan kejam (mean).
Sims dengan trait ini dapat mempertanyakan emosi negatif sims lain, menghasut sims, dan memiliki kemungkinan lebih besar gagal ketika mencoba bersosialisasi dengan sims yang sedang memiliki emosi yang buruk.
CONFLICT RESOLUTION VALUE
Behaviors
  • Memiliki trait Outgoing
  • Berbaikan setelah berdebat
  • Meminta maaf setelah melakukan interaksi negatif seperti Beg for Forgiveness, Find Common Ground, atau Try to Chat
  • Berdamai setelah bertengkar
  • Mencoba memperbaiki hubungan yang buruk
  • Orang tua mengajarkan Say Sorry
  • Memiliki trait Hot Heades
  • Menyatakan sims lain sebahai musuh
  • Memiliki hubungan saling membenci dengan sims lain (despised relationship)
  • Bertengkar dengan sims lain
  • Adu argumen dengan sims lain
Reward Trait
Mediator
Penengah
Argumentative
Suka Berdebat
Sims dengan trait ini memiliki kemungkinan lebih besar dimaafkan oleh sims lain dan dapat memediasi forum. Mereka juga dapat menyatukan perbedaan diantara sims yang sudah tidak bersahabat dalam waktu yang lama.
Sims dengan trait ini agak sulit memulai percakapan dengan baik pada sims yang tidak disukainya, ia juga lebih sulit dimaafkan, dan selalu menganggap dirinya yang paling benar.

CHILDHOOD PHASES
childhood phases atau fase masa kanak-kanak adalah fase dimana anak memiliki suatu traits tertentu yang biasanya identik dengan kelompok usia tertentu pada manusia umumnya. traits ini sifatnya sementara dimana traits akan memberikan emosi tertentu dan interaksi baru yang kemudian akan hilang jika anak sudah melewati kelompok usia tersebut. traits sementara inilah yang tergabung dalam jenis traits baru di GP yang bernama temporary traits.

jika anak sims memasuki masa ini, maka akan ada notifikasi yang muncul di game kamu yang menyatakan anak sedang memasuki fase tertentu. fase-fase ini terjadi secara acak dimana ada yang hanya terjadi pada kelompok usia anak-anak dan ada pula yang hanya terjadi pada kelompok usia remaja. dan ada juga fase yang bisa terjadi di 2 kelompok usia tersebut. misalnya fase picky eaters yang bisa terjadi di kelompok usia anak-anak dan remaja tidak akan menyukai makanan yang disediakan oleh orang tua atau pengasuhnya.


berikut adalah daftar fase yang bisa terjadi pada anak:
Child Only – Fase yang Terjadi hanya pada Kelompok Usia Anak-Anak
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/0x000000000xe5c5b8e3365490af.0x00b2d882.png
Clingy
(Terlalu Lengket)
Sims dengan trait ini tidak bisa jauh dari orang tua atau walinya, mereka tidak memerlukan sims lain, asalkan ada orang tuanya.
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/BrownBear.png
I’m a Bear!
(Saya adalah Beruang)
Sims dengan trait ini menganggap dirinya beruang dan tidak merasa nyaman menggunakan pakaian lain selain kostum beruang.
Teen Only – Fase yang Terjadi hanya pada Kelompok Usia Remaja
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/0x000000000x857f238d00bcf205.0x00b2d882.png
Distant
(Menjaga Jarak)
Sims dengan trait ini akan menjaga jarak dari keluarganya dan merasa stress jika dipaksa berinteraksi dengan keluarganya. Sebaiknya orang tua membiarkan anaknya berada di kamarnya selama anak berada di fase ini.
Child and Teen – Fase yang Terjadi pada Kelompok Usia Anak-Anak dan Remaja
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/sims-4-addon-02-vivre-ensemble-icon-61.png
Loud
(Berisik)
Sims dengan trait ini suka berteriak, membuat suara dari instrumen musik, atau mendengarkan musik sekeras-kerasnya.
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/BoxingPunch.png
Mean Streak
(Tega-an)
Sims dengan trait ini tidak ramah dan mencari-cari kesempatan untuk melakukan perbuatan yang jahat kepada sims lain.
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/Food.png
Picky Eater
(Pemilih Makanan)
Sims dengan trait ini hanya mau memakan makanan yang ia sukai saja. Ada 6 jenis tipe pemilih makanan yang bisa terjadi pada fase ini, dimana masing-masing jenis memiliki jenis makanan berbeda yang tidak mereka sukai. Biasanya anak akan lebih suka makanan dengan resep yang sederhana seperti spaghetti atau pancake dibandingkan resep yang memerlukan skill yang tinggi.
https://simsvip.com/wp-content/uploads/2017/05/Yelling.png
Rebellious
(Pemberontak)
Sims dengan trait ini sering beradu argumentasi dengan orang tuanya, menggunakan kata-kata yang tidak sopan, dan menunda-nunda pekerjaan rumahnya.

selain traits sementara yang bisa terjadi di masa kanak-kanak, ada pula mood swings (perubahan mood secara tiba-tiba) yang bisa terjadi di masa remaja. mood swings ini bisa terjadi kapanpun dimana jika terjadi, sims remaja kamu akan mendapatkan moodlet 50 Angry yang bertahan selama 8 jam. orang tua dapat membantu sims untuk meredakan kemarahannya sims dengan interaksi seperti Talk Through Mood Swing, Encourage to Redirect Anger, dan Criticize Mood Swing.

INTERAKSI BARU
Lunch Sacks
ada interaksi baru yang ditambahkan ketika kamu membuat makanan bernama lunch sacks atau kantong bekal makan siang. interaksi ini bisa dilakukan dari remaja sampai dewasa tua dengan 2 cara, yaitu Make Sack Lunch dengan mengklik kulkas dan Pack into Lunch Sack dengan mengklik makanan yang sudah selesai dimasak. satu kantong bekal ini berisi 1 porsi makanan yang disimpang di kantong kertas coklat dimana makanannya bisa bertahan selama 10 jam. ada 3 resep baru yang ditambahkan khusus untuk bekal ini, dimana detailnya bisa kamu lihat di bagian resep baru.

setelah makanan berhasil disimpan dalam kantong bekal, ada 3 interaksi yang bisa kamu pilih dengan mengklik kantong tersebut. interaksi tersebut adalah:
Unpack Lunch Sack : membuka kantong bekal dan memakan makanan di dalamnya
Put in Inventory : menyimpan kantong bekal ke dalam inventori sims
Put Away : menyimpan kantong bekal ke dalam kulkas

Place Settings
ada pula interaksi baru yang bisa dilakukan mulai dari usia anak-anak sampai dewasa tua bernama place settings atau susunan piring, sendok, dan gelas di meja makan untuk setiap sims. kamu bisa lihat contoh place settings disini. sims kamu bisa meminta anaknya untuk menyusun peralatan makan di meja makan agar keluarga bisa makan bersama. anak juga bisa saja memiliki inisiatif untuk menyusun peralatan makan tanpa diminta. susunan peralatan makan ini bisa dibersihkan ketika sudah selesai digunakan. peralatan makan ini juga bisa diganti gaya dan warnanya dengan membersihkan peralatan makan yang sudah terletak di meja makan tanpa harus digunakan terlebih dahulu.

berikut adalah 3 gaya susunan peralatan makan yang tersedia dari GP ini dimana masing-masing memiliki 4 pilihan warna yang bisa dipilih, yaitu:
Casual Setting : blue, red, tan, yellow
Fancy Setting : border, desert, triangles, dots
Party Setting : blue, burgundy, gray, dan yellow

Volunteering

ada event rabbit hole baru (rabbit hole: sims menghilang dari layar dan tidak bisa dimainkan selama beberapa waktu karena melakukan suatu kegiatan, seperti bekerja yang non-aktif) bernama volunteer (menjadi sukarelawan) untuk sims berusia remaja ke atas. kegiatan sukarelawan ini bisa dilakukan mengklik handphone sim > Travel > Volunteer. ketika sims sedang melakukan kegiatan ini akan ada kemungkinan chance card (dijelaskan di bawah artikel ini) muncul untuk meningkatkan atau menurunkan skor character values.

ada beberapa kegiatan sukarelawan yang bisa dipilih, yaitu:
Volunteer at a Bake Sale : menjadi relawan dengan menjual kue-kue kering
Volunteer at a Beach Cleanup : menjadi relawan dengan membersihkan pantai
Volunteer at a Nursing Home : menjadi relawan di panti jompo
Volunteer at a Soup Kitchen : menjadi relawan dengan membantu memberikan makanan gratis kepada orang-orang yang membutuhkan
Walk to Fight Disease : menjadi relawan dengan mencari sumbangan untuk penelitian medis mencari obat suatu penyakit

Chance Cards
GP ini memperkenalkan pop-up baru bernama Chance Cards untuk semua umur sims. pop-up adalah jendela yang muncul secara otomatis tanpa ada pemberitahuan dimana untuk GP ini, pop up chance cards berarti jendela yang muncul tiba-tiba ketika kamu sedang bermain sims 4 yang memberikan kesempatan sims untuk memilih tingkah laku yang akan dilakukan terkait suatu event. pilihan kamu untuk chance cards ini mempengaruhi tingkah laku sims. chance cards yang muncul akan memberikan 2 pengaruh kepada character values, positif dan negatif. kamu bisa menggunakan chance cards ini untuk mempengaruhi anak dalam membentuk tingkah lakunya, karirnya, dan character values-nya baik secara positif maupun negatif.



chance cards ini juga bisa disebut teaching moments atau momen mengajar. solusi yang baik untuk masalah yang dihadapi anak pada teaching moments ini tidak akan muncul sampai orang tua sims lebih berpengalaman dengan skill parenting-nya.

Make a Mess
GP ini juga memberikan interaksi baru khusus untuk toddlers dan anak-anak bernama make a mess. interaksi ini bisa dilakukan dengan mengklik area lantai. interaksi ini akan meningkatkan skill imagination untuk toddlers dan creativity untuk anak-anak. orang tua sims bisa menggunakan interaksi parenting untuk mendisiplinkan anaknya atau untuk menyuruh mereka membersihkan kekacauan yang mereka perbuat.

Time Out dan Grounding
GP ini juga membawa interaksi baru untuk orang tua mendisiplinkan dan menghukum anaknya menggunakan interaksi time out dan grounding yang berlaku jika orang tua sudah mencapai level tertentu di skill parenting.

Time Out
ketika orang tua sudah mencapai level 4 di skill parenting, maka mereka akan memiliki kemampuan untuj memberikan hukuman kepada anaknya bernama time out. time out adalah salah satu hukuman yang diberikan kepada anak dengan cara memberikan anak waktu untuk berpikir di salah satu pojokan rumah yang paling membosankan ketika mereka berlaku nakal dengan harapan mereka tidak akan melakukannya lagi. (kamu bisa membaca lebih banyak tentang time out di dunia nyata disini). untuk sims, jika anak diberikan time out, mereka diharuskan duduk selama 30 menit dimana waktu time outs akan muncul diatas kepala mereka dan waktu tersebut bisa dilanggar.

Grounding
sementara itu, hukuman grounding sudah bisa diberikan ketika orang tua mencapai level 5 skill parenting. grounding adalah salah satu hukuman yang diberikan kepada anak dengan meniadakan  atau membatasi salah satu fasilitas/kegiatan, yang biasanya diberikan kepada anak, dalam kurun waktu tertentu. (kamu bisa membaca lebih banyak tentang grounding di dunia nyata disini). untuk mengakses hukuman di sims, kamu bisa mengklik interaksi parenting >discipline > punish dan kemudian memilih salah satu grounding yang diinginkan.



berikut adalah daftar grounding yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya:
No TV : sims yang dihukum tidak boleh menonton tv selama 1 hari
No Computer : sims yang dihukum tidak boleh menggunakan komputer selama 1 hari
No Leaving The House : sims yang dihukum tidak boleh meninggalkan rumah selama 1 hari, selain untuk sekolah atau bekerja part time
No Friends : sims yang dihukum tidak boleh berkumpul dengan temannya selama 1 hari
No Phone : sims yang dihukum tidak boleh menggunakan handphone selama 1 hari
No Music : sims yang dihukum tidak boleh mendengarkan atau bermain musik selama 1 hari
No Toys or Games : sims yang dihukum tidak boleh bermain dengan permainan atau bermain di komputer atau tab selama 1 hari


seperti yang dijelaskan diatas, semua grounding berlaku selama 1 hari dan bisa dilanggar oleh anak sims kamu. agar pilihan grounding ini, anak sims kamu harus melakukan suatu tingkah laku yang dianggap bermasalah bagi orang tuanya.

SKILL BARU

GP ini memperkenalkan skill baru bernama Parenting alias mengasuh anak. skill ini bisa ditingkatkan dengan cara berinteraksi dengan anak, mencari saran tentang pengasuhan anak di komputer atau bertanya pada orang tua lainnya, serta membaca buku terkait mengasuh anak. sims yang memiliki level lebih tinggi memiliki interaksi yang lebih banyak dalam membentuk kebiasaan anaknya. orang tua yang handal tahu kapan waktu yang tepat untuk mempengaruhi, mendorong, atau mendisiplinkan anaknya.

berikut adalah daftar perkembangan skill setiap kali naik level:
Parenting Level 1 – Sims bisa mendorong (encourage) dan mempengaruhi (influence) tingkah laku anak dalam membersihkan (cleaning). sims juga bisa menegur tingkah laku tidak baik dengan meminta anak untuk tidak melakukannya lagi (ask not to do that) atau berteriak memerintahkan anak untuk berhenti (yell at to stop).
Parenting Level 2 – Sims bisa mempengaruhi anak untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya. sims juga bisa secara tegas memberitahu anaknya untuk tidak melakukan tingkah laku tidak baik (firmly tell not to do) dan memiliki lebih banyak pilihan dalam merespon ketika teaching moment chance cards muncul.
Parenting Level 3 – Sims bisa membantu anak menyelesaikan kebutuhan dasarnya seperti mandi, pipis, dan bermain. sims juga bisa memberikan tips pengasuhan anak kepada orang tua lain.
Parenting Level 4 – Sims bisa memberikan hukuman time out. sims sekarang bisa melihat bagaimana saran yang mereka berikan akan mempengaruhi perkembangan anaknya ketika muncul teahing moment chance card.
Parenting Level 5 – Sims bisa melakukan grounding untuk anaknya yang berumur anak-anak dan remaja dan bertingkah laku tidak baik atau mendiskusikan tingkah laku tersebut dan menjelaskan mengapa tingkah laku tersebut tidak baik dan memeluk anak setelah diskusi tersebut. sims juga memiliki lebih banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan anak.
Parenting Level 6 – Sims bisa membuat orang tua sims lainnya merasa lebih baik ketika mengasuh anak dirasakan sangat berat. sims juga bisa mengetahui penyebab anak bayi menangis sehingga bisa lebih baik menangani bebannya.
Parenting Level 7 – Sims bisa lebih efektif menyelesaikan permasalahan anak. mereka juga bisa lebih efektif mempengaruhi anaknya untuk melakukan suatu aksi tertentu. 
Parenting Level 8 – Sims sekarang memiliki pilihan ketiga untuk semua teaching moments chance cards. sims juga lebih efektif dalam melakukan interaksi disiplin.
Parenting Level 9 – Sims sekarang bisa dengan mudah dalam meyakinkan anak untuk melakukan suatu aksi tertentu seperti mencuci piring. sims juga mengetahui efek dari setiap nasihat yang diberikan di teaching moments chance cards.
Parenting Level 10 – Sims bisa melakukan interaksi Super Efficient Baby Care pada bayi untuk memenuhi semua kebutuhan bayi pada saat bersamaan. ketika sedang sibuk mengasuh anak, sims sekarang bisa mengakses Full Parent Mode dimana kebutuhan sims hanya berkurang 25% dalam 2 jam sehingga sims bisa lebih fokus mengasuh anaknya. untuk bisa menggunakan mode ini, orang tua harus melakukan beberapa interaksi yang berada di interaksi parenting.

RESEP BARU
ada 3 resep makanan baru khusus untuk makanan yang bisa dibawa sebagai bekal ke sekolah, yaitu:

LAGU RADIO BARU
ada stasiun radio baru bernama Jazz dengan 5 lagu baru

CHEAT BARU
ada pula beberapa cheat baru terkait game pack parenthood ini yang sudah saya buat di pos cheat parenthood yang bisa kamu baca disini.

akhirnya selesai juga guide parenthood ini. mohon maaf jika ada kesalahan. sumber dari pos ini dan foto-fotonya saya ambil dari simsvipsimscommunity, dan carls sims guide . mudah-mudahan pos ini bermanfaat bagi teman-teman. 

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.